Skip to main content

Pemahaman Komputerisasi Dan Manfaatnya

Di abad digital mirip kini ini, siapa saja sudah bisa dibilang ‘ahli’ teknologi. ‘Mahir’ teknologi disini mampu diartikan sebagai orang yang sudah sangat mengenal teknologi, dan dapat mendapatkan teknologi di kehidupannya. Berbicara ihwal teknologi, pastinya tidak akan jauh dari bahasan komputer. Ya, komputer ialah salah satu teknologi yang dikala ini sering digunakan oleh orang banyak. Karena komputer mampu menolong pekerjaan insan.

Dengan komputer, kita juga dapat melaksanakan sebuah aktivitas dengan tanpa kendala seperti membuat program pelatihan. Komputer akan digunakan untuk menampilkan slide show materi materi yang hendak disampaikan. Tidak cuma itu, telah nyaris semua instansi baik itu pemerintahan, instansi, dan industri sudah memakai komputer sebagai alat untuk dapat mempermudah pekerjaan mereka. Komputer bekerja lebih cepat dan akurat. Berbagai acara yang menggunakan komputer itulah yang disebut dengan komputerisasi.

Pada artikel kali ini aku akan memperlihatkan pengetahuan tentang pengertian komputerisasi, faedah komputerisasi, dan perbedaan komputerisasi dengan komputer.



Pengertian Komputerisasi
Hal yang pertama kali mesti kita lakukan adalah mengetahui definisi atau pengertian komputerisasi. Sebelum adanya komputer, kita melakukan pekerjaan atau pembuatan data secara manual. Hal ini dinilai terlalu lambat dan kurang efektif untuk mendongkrak sasaran serta kualitas pelayanan. Inilah yang menjadi aspek utama kehadiran era komputerisasi yang memang dianggap lebih membuat lebih mudah setiap pekerjaan.

Saat ini pun nyaris semua bidang pekerjaan sudah memakai sistem komputerisasi sebagai penyelesaian untuk mempermudah dan meningkatkan kualitas kerja. Diperlukan juga sumber daya manusia dengan pemahaman yang tinggi, utamanya dalam hal pemanfaatan ataupun untuk membuatkan tata cara komputerisasi yang telah dipraktekkan sebelumnya.

Hal yang tidak pernah lepas dari komputerisasi yaitu komputer itu sendiri. Definisi dari komputer adalah sebuah alat atau perangkat elektronika yang digunakan untuk mengolah data dengan lebih singkat dan akurat.

Sedangkan pemahaman dari komputerisasi ialah sebuah perubahan mekanisme pembuatan data yang sebelumnya masih bersifat manual menjadi serba otomatis alasannya adalah memakai media komputer. Fungsi komputer selaku alat bantu manusia memang mampu membuat lebih mudah serta menambah efektifitas dalam setiap pekerjaan bila didampingi dengan pengetahuan yang cukup dalam penggunaannya.

Manfaat Komputerisasi
Sudah cukup terperinci bergotong-royong manfaat dari penerapan komputerisasi untuk mengambil alih segala aktivitas manual adalah lebih mengefektifkan dan memberi kesanggupan yang akurat dalam setiap pekerjaan yang dilaksanakan.

Contoh dari penerapan manfaat komputerisasi di bidang industri ialah penggunaan sistem payroll untuk penggajian karyawan sesuai dengan ketidakhadiran dan kinerja selama satu bulan. Hal ini tentunya memudahkan kinerja manajer dan HRD dalam memilih penggajian semua karyawannya alasannya adalah sudah diatur oleh tata cara.

Dalam bidang pemerintahan atau instansi negara juga sudah menerapkan tata cara komputerisasi dalam semua pekerjaannya. Contohnya dikala melakukan survei penduduk data yang diperoleh dari semua wilayah di Indonesia dikumpulkan dan dihitung melalui proses komputerisasi sehingga lebih akurat dan efisien. Data yang terkumpul juga dapat disimpan dan dikelompokkan selaku arsip sesuai tahunnya. Dalam garis besar kita mampu menyimpulkan bahwa faedah faedah dari penggunaan komputerisasi untuk segala bidang ialah sebagai berikut :

  • Kemudahan dalam mengolah data dan kemudian dimanfaatkan menjadi pemecahan semua duduk perkara yang ada.
  • Selain lebih efektif dan efisien penggunaan komputerisasi juga lebih akurat terutama dalam hal perkiraan baik secara nalar ataupun matematis.
  • Selain dalam hal data kemudahan juga dapat diperoleh dalam hal pengelolaan keuangan yang memang riskan timbul kesalahan baik secara sengaja maupun tidak sengaja.
  • Setelah data yang diperoleh diproses lebih lanjut untuk memecahkan persoalan yang ada dan kemudian disimpan ke dalam sebuah database tersendiri. Proses pengarsipan ini juga ialah bab paling penting dan akan lebih efektif bila mempergunakan komputerisasi juga.
  • Pemantauan segala kondisi juga lebih gampang jika menggunakan tata cara komputerisasi dengan memanfaatkan perangkat komplemen atau input secara manual dan terencana.
  • Meskipun membutuhkan ongkos yang cukup besar namun keuntungan yang diperoleh juga meningkat mengenang efisiensi pekerjaan beserta tingkat keakuratan yang tinggi, sehingga meminimalisir semua kesalahan.

Perbedaan Komputer dan Komputerisasi
Setelah membaca ulasan di atas semestinya sudah cukup terperinci perihal perbedaan komputer dan komputerisasi. Dua perumpamaan memang saling melekat satu sama lain. Komputerisasi diambil dari kata dasar komputer yang ialah sebuah perangkat teknologi berbasis elektronika yang dipakai untuk mengolah data, sedangkan definisi dari komputerisasi ialah ialah suatu pergeseran sistem yang mulanya secara manual menjadi otomatis.

Perubahan inilah yang memerlukan perangkat berjulukan komputer sebagai syarat mutlak untuk melakukan pengolahan data secara otomatis. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa komputerisasi ialah sebuah perubahan sistem untuk melaksanakan pekerjaan secara otomatis dan lebih singkat sedangkan komputer merupakan salah satu unsur atau perangkat yang diperlukan. Tanpa adanya komputer pastinya sebuah tata cara yang diterapkan belum bisa disebut komputerisasi.

Meskipun mempunyai laba lebih efektif, efisien dan akurat namun perlu dikenang juga bahwa penggunaan komputerisasi juga harus dibatasi. Seringkali suatu pekerjaan justru lebih efektif jikalau dilaksanakan secara manual dengan memanfaatkan tenaga kerja manusia. Penggunaan komputer secara berlebihan mungkin banyak memberi efek kasatmata tetapi juga mampu memiliki pengaruh negatif ketika semua pekerjaan tidak menggunakan unsur kemanusiaan sama sekali.

Oleh alasannya adalah itu sesudah membaca postingan-artikel perihal pemahaman komputerisasi dan keuntungannya diatas, penulis menginginkan semoga pemanfaatan komputerisasi mampu lebih maksimal dan terkendali. Dengan pengertian yang lebih tentunya anda akan mengerti definisi dari komputerisasi, manfaat – keuntungannya serta perbedaan komputer dengan komputerisasi dan untuk berikutnya mampu diimplementasikan di lingkungan masing – masing sesuai bidangnya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar