Skip to main content

Pemahaman Printer Dan Fungsinya

Printer berfungsi untuk mencetak dokumen dari komputer. Perangkat keras pelengkap ini sudah menawarkan manfaat cukup besar bagi acara insan modern. Kita pasti tahu bahwa pertumbuhan teknologi kian pesat. Dan, dalam pertumbuhan tersebut tak lepas dari aktivitas mencetak berkas untuk keperluan tertentu, semisal dokumen kantor, sekolah dsb. Di situlah perangkat printer komputer dipakai untuk memudahkan pekerjaan insan.


Selanjutnya mari kita simak bersama-sama apa itu pemahaman printer, fungsi dan jenis printer komputer:

Pengertian Printer
Printer yakni perangkat keras (hardware) yang berfungsi untuk mencetak dokumen yang ada dalam komputer. Dokumen tersebut bisa berbentukteks atau gambar. Biasanya, printer dipakai untuk mencetak dokumen penting perusahaan, atau juga dokumen penting instansi sekolah, pemerintah dan banyak lagi. Intinya, printer komputer mempunyai fungsi untuk mencetak dokumen/file dari komputer.

Fungsi Printer
Fungsi printer adalah mencetak file/dokumen dari komputer ke media kertas atau yang lainnya. Dalam printer terdapat perumpamaan dpi yang menawarkan resolusi sebuah perangkat printer. Satuan dpi merupakan singkat dari dot per inch. Maksudnya, dpi menunjukkan jumlah titik yang ada seluas 1 inch. Semakin besar dpi printer, maka kian anggun mutu cetakannya.

Jenis Printer
Printer komputer dapat dibedakan menjadi berbagai macam. Masing-masing jenis printer mempunyai fungsi yang berbeda. Pengguna bisa menyesuaikannya tergatung pada kebutuhan masing-masing. Beberapa jenis printer komputer yakni selaku berikut:

Printer Inkjet
Merupakan perangkat printer yang menggunakan tinta cair aneka macam warna (full colors). Printer ini biasa digunakan untuk mencetak dokumen berbentukteks serta gambar yang warnanya beragam. Contoh dari printer Inkjet adalah Canon, Epseon dll

Printer Laserjet
Merupakan printer yang mempergunakan tinta serbuk yang hanya mampu mencetak dokumen dengan satu warna. Printer ini hampir sama dengan mesin fotocopy dan pengoperasiannya pun lebih gampang dan cepat.

Printer Dotmatrik
Merupakan printer dengan tinta cetak kertas karbon. Banyak orang mempergunakan printer ini untuk efisiensi waktu dan ongkos. Biasanya, printer dotmatrik dipasang di Supermarket atau minimarket untuk mencetak struk hasil pembelian.

Demikianlah isu tentang Pengertian Printer dan Fungsinya yang mampu saya sampaikan disini. Semoga dapat membantu Anda mengerti bahan tentang printer komputer.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar