Skip to main content

Pemahaman Printer Dot Matrix Dan Penjelasannya

Printer dot matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Bahkan, printer dot matrik mempunyai bunyi yang condong keras ketika sedang mencetak. Selain itu, kualitas gambar yang dihasilkan dari printer tersebut kurang baik. Hal tersebut mampu tampakdari hasil gambar yang terlihat seperti titik-titik yang saling bekerjasama.

Pengertian Printer Dot Matrix dan Penjelasannya
Pada biasanya, printer jenis dot matrix juga hanya memiliki satu warna, adalah warna hitam. Printer jenis ini tergolong jenis printer yang mencetak ke kertas dengan cara “pribadi”. Artinya, printer pribadi “mengetuk” pita tinta yang berhadapan sama kertas. Cara kerja printer dot matrik ini mampu dikatakan mirip mesin ketik, yaitu bisa juga diaplikasiin untuk mencetak beberapa kertas sekaligus, dengan kertas karbon yang diselipkan di tiap halaman kertas.


Head dari printer ini terdiri atas 7 atau 9 ataupun 24 jarum yang tersusun secara vertical dan membentuk sebuah kolom. Ketika melakukan pekerjaan , jarum pada printer ini akan membentuk character images lewat gesekan-gesekan jarum pada karbon dan kertas.

Pada saat head-printer bergerak dari kiri kekanan sambil menyentuh kertas, maka abjad yang sudah terpola dalam sebuah susunan jarum akan secepatnya timbul. Pola abjad ini kemudian diterima oleh pita karbon yang dibaliknya terdapat kertas, dan terjadilah pencetakan huruf demi karakter. Setiap character yang terbentuk akan menjadikan sebuah acuan unik yang terdiri dari banyak sekali titik di dalam dimensi sebuah matrix. Jenis dari printer ini ada yang color dan non color. Untuk printer color, dipakai pita khusus yang mempunyai 4 warna, adalah hitam, biru, merah dan kuning.

Printer ini mempunyai harga yang jauh lebih hemat biaya apabila dibandingkan dengan toner untuk printer yang berjenis laser jet dan ink jet. Selain itu, jenisnya pun sangat beragam. Ada yang non color dan ada juga yang color. Untuk printer color, dipakai pita (karbon/ribon) khusus yang memiliki 4 warna, adalah hitam, biru, merah dan kuning. Bahkan, printer ini juga bisa untuk mencetak rangkap sekaligus dengan ukuran kertas yang lebar. Namun, printer ini juga masih memiliki kekurangan.

Salah satunya ialah resolusi hasil cetak yang masih sangat rendah dan suara printer yang sungguh keras ketika sedang mencetak. Bahkan, dikarenakan kualitas cetaknya masih sangat minim maka gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Selain itu, printer ini juga rendan DPI dan PPMnya. Yang terakhir, warna yang dihasilkan tidak beragam dan geraknya mampu dibilang sungguh lambat.

Demikian info wacana Pengertian Printer Dot Matrix dan Penjelasannya, biar berfaedah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar