Skip to main content

Pemahaman Touchpad Dan Fungsinya

Touchpad ialah pengganti dari Mouse yang sudah banyak digunakan oleh pengguna komputer pada umumnya, umumnya perangkat keras ini di peroleh di laptop atau notebook. Namun jangan salah, komputer desktop juga mampu memakai Touchpad.

Touchpad merupakan pengganti dari Mouse yang telah banyak digunakan oleh pengguna komputer Pengertian Touchpad dan Fungsinya

Pengertian Touchpad
Touchpad ialah perangkat penanda (pointer) yang terdiri dari permukaan khusus yang bisa menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna ke posisi relatif di layar. Touchpad adalah fitur umum dari laptop dan juga dipakai sebagai pengganti mouse komputer di space meja yang kecil.

Touchpad memberikan pinjaman khusus bagi pengguna untuk mengerjakan pekerjaan yang senantiasa mengandalkan mouse secara berlebihan. Touchpad memiliki ukuran yang bermacam-macam tetapi jarang dibuat lebih dari 40 cm² (6,3 x 6,3 cm atau sekitar 6 inci²). Touchpad juga mampu didapatkan pada Personal Digital Assistant (PDA) dan beberapa media player portabel, mirip iPod menggunakan click wheel.

Tujuan diciptakannya touchpad adalah menciptakan nyaman pemakaian mouse, yang dulunya pemakaian mouse membutuhkan daerah yang cukup luas, serta diperlukan alas yang rata. Dengan adanya touchpad, user masih mampu menggunakan komputer atau laptop dimana saja walaupun di daerah yang sempit pula.

Fungsi Touchpad
Berbicara perihal fungsi touchpad tidak terlepas dari sejarah kemunculan pandangan baru komputer portable yang dicetuskan oleh Alan Kay di Xerox PARC pada tahun 1970. Sejak ketika itu, ilham ini terus di kembangkan sehingga kemudian di dapatkan ide untuk menambahkan perabotan pengganti mouse ke dalam komputer portable.

Bagaimana Touchpad bekerja?
  • Dalam pendekatan matriks, serangkaian konduktor dikelola dalam suatu array dari garis paralel dalam dua lapisan, dipisahkan oleh isolator dan persimpangan satu sama lain pada sudut yang sempurna untuk membentuk grid. Sinyal frekuensi tinggi diberikan secara berurutan antara pasangan dalam grid array dua dimensi. Arus yang lewat di antara node sepadan dengan kapasitansi. Ketika virtual ground, mirip jari diposisikan di atas salah satu persimpangan antara lapisan konduktif beberapa bidang listrik dihubungkan singkat ke titik ground ini, menyebabkan pergantian kapasitansi yang besar di titik itu. Metode ini mendapatkan US Patent 5.305.017 diberikan terhadap George Gerpheide pada bulan April 1994.
  • Capacitive shunt method, dijelaskan dalam catatan aplikasi oleh Analog Devices, mencicipi pergeseran kapasitansi antara pemancar dan peserta yang ada di segi bertentangan dari sensor. Pemancar membuat medan listrik yang berosilasi di 200-300 kHz. Jika titik ground, mirip jari ditempatkan antara pemancar dan akseptor, beberapa garis medan didorong menjauh, meminimalisir kapasitansi.
Demikianlah artikel ihwal Pengertian Touchpad dan Fungsinya, supaya artikel ini mampu menolong dan bermanfaat untuk anda. Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar