Skip to main content

Pengertian Access Point Dan Fungsinya

Access Point yakni suatu perangkat jaringan yang berisi suatu transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Dengan access points (AP) clients wireless bisa dengan cepat dan gampang untuk terhubung kepada jaringan LAN kabel secara wireless.

Atau Agar kita lebih gampang untuk memahaminya maka bisa dikatakan sebuah alat yang dipakai untuk menghubungkan alat-alat dalam suatu jaringan, dari dan ke jaringan Wireless.


Fungsi Access Point

Secara garis besar, Access Point berfungsi selaku pengatur kemudian lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client mampu saling terhubung melalui jaringan (Network).

Atau kalau ingin diperinci lebih terperinci lagi fungsi access point yaitu sebagai berikut:
  • Mengatur supaya AP dapat berfungsi selaku DHCP server
  • Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access(WPA)
  • Mengatur terusan berdasarkan MAC Address device pengakses
  • Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel

Itulah beberapa fungsi dari Access Point. Makara bila anda punya alat radio wireless anda bisa setting radio anda dengan mode access point. Setiap radio berlainan beda setting access pointnya. Namun pada dasar nya sama. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar