Skip to main content

Pengertian Gateway Dan Fungsinya

Gateway yakni sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berlawanan sehingga info dari satu jaringan computer mampu diberikan terhadap jaringan komputer lain yang protokolnya berlainan.

Istilah gateway merujuk terhadap hardware atau software yang menjembatani dua aplikasi atau jaringan yang tidak kompatibel, sehingga data mampu ditransfer antar komputer yang berlainan-beda.Salah satu pola penggunaan gateway ialah pada email, sehingga pertukaran email mampu dijalankan pada metode yang berlawanan. Definisi tersebut ialah definisi gateway yang utama. Dalam pengertian teknis, istilah ini mengacu pada pengaturan hardware maupun software yang menerjemahkan antara dua protokol yang berlawanan.



Pengertian yang lebih lazim untuk ungkapan ini ialah suatu prosedur yang menyediakan kanal ke sebuah tata cara lain yang tehubung dalam suatu network. Host yang dipakai untuk mengalihkan kemudian lintas jaringan dari satu jaringan ke jaringan lain, juga dipakai untuk melewatkan kemudian lintas jaringan dari satu protokol ke protokol lain. Dipergunakan untuk menghubungkan dua jenis jaringan komputer yang arsitekturnya sama sekali berlainan. Kaprikornus gateway lebih kompleks dibandingkan dengan bridge. Gateway mampu diaplikasikan antara lain untuk menghubungkan IBM SNA dengan digital DNA, LAN (Local Area Network) dengan WAN (Wide AreaNetwork).

Seiring dengan merebaknya internet, definisi gateway kadang kala bergeser. Tidak jarang pula pemula menyamakan "gateway" dengan "router" yang sebenarnya tidak benar. Kadangkala, kata "gateway" dipakai untuk mendeskripkan perangkat yang menghubungkan jaringan komputer besar dengan jaringan komputer besar lainnya. Hal ini timbul alasannya adalah kerap kali perbedaan protokol komunikasi dalam jaringan komputer cuma terjadi di tingkat jaringan komputer yang besar. Gateway juga mampu diartikan sebagai komputer yang memiliki minimal 2 buah network interface untuk menghubungkan 2 buah jaringan atau lebih.

Di Internet suatu alamat mampu ditempuh melalui gateway-gateway yang memberikan jalan/rute ke arah mana yang harus dilalui agar paket data sampai ke tujuan. Kebanyakan gateway menjalankan routing daemon (acara yang meng-update secara dinamis tabel routing). Karena itu gateway juga biasanya berfungsi sebagai router. Gateway/router bisa berbentuk Router box seperti yang di produksi Cisco, 3COM, dll atau mampu juga berupa komputer yang melaksanakan Network Operating System plus routing daemon. Misalkan PC yang dipasang Unix FreeBSD dan mengerjakan acara Routed atau Gated. Namun dalam pemakaian Natd, routing daemon tidak perlu dilakukan, jadi cukup dipasang gateway saja.Karena gateway/router mengatur lalu lintas paket data antar jaringan, maka di dalamnya mampu dipasangi prosedur pembatasan atau pengamanan (filtering) paket-paket data, Mekanisme ini disebut Firewall.

Keuntungan
  1. Resource Sharing, mampu menggunakan sumberdaya yang ada secara gotong royong.
  2. Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan menerima reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan
  3. Menghemat duit, Komputer berukutan kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar
  4. Hardware sharing, Bagi pakai hardware secara bersama-sama
  5. Keamanan dan pengaturan data, komputer dalam sebuah lingkungan bisnis, dengan adanya jaringan tersebut memungkinkan seorang administrator untuk mengorganisasi data-data kantor yang terpenting.
  6. Ke-stabilan dan Peningkatan penampilan komputasi, Dalam keadaan tertentu, suatu jaringan dapat digunakan untuk mengembangkan tampilan keseluruhan dari aplikasi bisnis, dengan cara penunjukkankomputasi yang di distribusikan terhadap beberapa komputer yang ada dalam jaringan.
Kerugian
  1. Biaya yang tinggi lalu kian tinggi lagi.
  2. Sharing file yang tidak diinginkan
  3. Aplikasi virus dan tata cara

Fungsi Gateway
Salah satu fungsi pokok gateway ialah melakukan protocol converting, supaya dua arsitektur jaringan komputer yang berlainan mampu saling berkomunikasi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar