Skip to main content

Pengertian Hard Disk Drive Dan Fungsinya

Pengertian Hard Disk Drive (HDD, juga sering disebut Hard Disk, Hard Drive atau Fixed Disk). Hard Disk Drive yaitu perangkat penyimpanan data yang digunakan untuk menyimpan dan mengambil informasi digital menggunakan disk (cakram) yang dilapisi dengan bahan magnetik.

Fungsi Hard Disk Drive (HDD)
Sama halnya dengan pengertian hard disk, mengetahi fungsi hard disk itu sendiri juga merupakan hal yang sangat penting.

Pada dasarnya, Hard Disk berfungsi untuk menyimpan Data Digital. Semua data yang Anda simpan di komputer, ada di hard disk. Bukan cuma dokumen, gambar, musik, dan video saja. Tetapi juga Program, Preferensi, dan bahkan Sistem Operasi komputer Anda semuanya disimpan di dalam hard disk komputer.



Jika hard disk komputer Anda rusak, maka Anda akan kehilangan semuanya. Itulah argumentasi sebagian besar orang atau perusahaan mempunyai suatu data cadangan (Backup Data). Mereka memiliki hard disk lain dan menyalin semua file penting mereka ke hard disk tersebut.

Sudah Tahu Pengertian Hard Disk Drive dan Fungsinya? Mari Kita Lihat Lebih Jauh Lagi
Selain Pengertian Hard Disk Drive dan fungsinya, berikut beberapa hal penting lainnya yang perlu anda ketahui.

Seberapa Besar Kapasitas Hard Disk yang Anda Butuhkan?
Semua data yang disimpan di hard disk mempunyai ukuran masing-masing. Ukuran file teks sangat kecil, sedangkan file gambar lebih besar, file musik bahkan lebih besar lagi, namun file videolah yang paling besar dari seluruhnya.

Hard Disk itu mirip skala, tidak mengetahui perbedaan jenis file yang ada di dalamnya, cuma ukuran file yang diketahuinya. Hard Disk mengukur file menurut MegaByte (MB), GigaByte (GB), dan TeraByte (TB).

Secara kasarnya, 1 MegaByte sama dengan 1 juta Byte, 1 GigaByte sama dengan 1 miliar Byte, dan 1 TeraByte sama dengan 1 triliun Byte.

Jika Anda hanya ingin menyimpan atau mem-backup beberapa file, maka Anda mampu memakai hard disk yang berkapasitas kecil (500 GB mungkin telah lebih dari cukup). Namun bila anda ingin menyimpan atau mem-backup seluruh data komputer anda, atau bahkan beberapa komputer, atau jika anda menyimpan banyak file video atau audio, maka tentunya anda akan memerlukan hard disk dengan kapasitas yang lebih besar (mungkin 1 TB atau lebih).

Seberapa Pentingkah Kecepatan Hard Disk ?
Saat Anda menghidupkan Komputer, melaksanakan Program, membuka File, mendengarkan Lagu, atau melakukan hal lainnya menggunakan Komputer, pada saat itu anda sedang menggunakan hard disk yang ada di komputer anda. Disk (cakram) yang ada di dalam hard disk berputar, semakin cepat disk itu berputar, makin cepat pula komputer Anda mampu mengeksekusi perintah yang anda berikan.

Kaprikornus mampu disimpulkan bahwa hard disk dengan kecepatan 7200 RPM lebih singkat daripada hard disk yang mempunyai kecepatan 5400 RPM. Itu artinya kecepatan komputer akan sangat dipengaruhi oleh kecepatan putaran disk yang ada di dalam hard disk komputer anda.

Bila menyimpan file atau aplikasi kecil di hard disk eksternal kemudian membuka atau menjalankannya, Anda nyaris tidak akan melihat adanya perbedaan dengan hard disk internal. Namun akan tampaksangat jelas sekali jikalau anda membuka file dengan ukuran yang lebih besar atau mengerjakan aplikasi yang lebih besar.

Sebaiknya Memilih Hard Disk Internal atau Eksternal ?
Hard disk internal menawarkan penyimpanan data dengan kecepatan tertinggi. Sedangkan Hard disk eksternal akan memberi Anda penyimpanan dengan fleksibilitas yang lebih tinggi dan dapat dipakai kapan pun Anda membutuhkannya.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Hard disk internal harus dipasang secara fisik dengan membuka komputer Anda, suatu hal yang enggan dikerjakan oleh sebagian besar orang. Namun file dan acara Anda akan disimpan pribadi di komputer dan senantiasa ada kapan pun Anda membutuhkannya.

Sedangkan Hard disk eksternal mampu anda sambungkan ke komputer Anda lewat port yang ada di komputer kapan pun anda membutuhkannya. Anda mampu membawa file-file penting anda kemanapun anda pergi dan mentransfernya ke komputer manapun tanpa masalah teknis apa pun.

Jenis-jenis Sambungan Hard Disk
Ada 4 cara dasar untuk menyambungkan hard disk Anda ke komputer:

USB
USB merupakan jenis sambungan yang paling umum digunakan, Anda tidak perlu menyiapkan apa pun. Colokkan saja ke komputer/laptop, maka Komputer akan eksklusif mengenali hard disk anda, dan Anda bisa membaca serta menyimpan file dikala itu juga.

FireWire
Colok dan gunakan mirip USB, FireWire jauh lebih cepat, sehingga cara ini sangat populer untuk mentransfer file video.

SATA
SATA merupakan sambungan persyaratan untuk hard disk internal. SATA dapat memberi kecepatan transfer file yang paling tinggi dengan format apa pun.

eSATA
Jenis sambungan ini tidak banyak digunakan namun memiliki kinerja yang tinggi dan paling sering didapatkan di PC. Kecepatan kinerja sambungan eSATA nyaris sama dengan hard disk internal.

Demikianlah pengertian hard disk drive dan fungsinya, serta hal penting lainnya yang perlu anda ketahui.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar