Skip to main content

Pengertian Kabel Utp Dan Fungsinya

UTP (Unshielded Twisted Pair) yaitu jenis kabel yang terbuat dari tembaga, mempunyai isolasi plastik dan terbungkus oleh bahan isolasi yang mampu melindungi dari api dan kerusakan fisik lainnya.

Kabel UTP mempunyai 4 pasang inti kabel yang saling terbelit yang mana masing-masing kabel memiliki kode warna yang berbeda. Kabel Twisted Pair Cable ini terbagi kedalam 2 jenis diantaranya, Shielded dan Unshielded. Shielded yaitu jenis dari kabel UTP yang mempunyai selubung pembungkus, sedangkan unshielded yakni jenis yang tidak mempunyai selubung pembungkus. Untuk koneksinya kabel jenis ini memakai konektor RJ-45 atau RJ-11.


Fungsi kabel UTP adalah mampu dipakai sebagai kabel untuk jaringan Local Area Network (LAN) pada metode network atau jaringan komputer, dan umumnya kabel UTP mempunyai impedansi kurang lebih 100 ohm, dan juga dibagi menjadi kedalam beberapa klasifikasi berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data.



Jenis-jenis kabel UTP
  1. CAT 1 – Kabel UTP Category 1 [Cat1] adalah jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang terendah, didesain untuk mendukung komunikasi bunyi analog saja.
  2. CAT 2 – Kabel UTP Category 2 [Cat2] yaitu jenis kabel UTP memiliki kualitas transmisi yang lebih baik daripada kabel UTP Cat1, jenis atau klasifikasi ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan juga suara digital. Kabel ini bisa mentransmisikan data sampai 4 megabit/detik.
  3. CAT 3 – Kabel UTP Category 3 [Cat3] yaitu kabel UTP dengan mutu transmisi yang lebih baik ketimbang kabel UTP Category 2, jenis atau klasifikasi ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan bunyi pada kecepatan sampai 10 megabit per detik.
  4. CAT 4 – Kabel UTP Category 4 [Cat4] yaitu suatu jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang jauh lebih lebih baik jika daripada kabel UTP Category 3 (Cat3) atau sebelumnya, didesain untuk mendukung komunikasi data dan juga suara hingga kecepatan 16 megabit/detik.
  5. CAT 5 – Kabel UTP Category 5 [Cat5] ialah suatu jenis kabel UTP dengan mutu transmisi yang lebih baik jikalau dibandingkan dengan kabel UTP Category 4 (Cat4) atau yang sebelumnya, didesain untuk mendukung komunikasi data dan komunikasi bunyi pada kecepatan hingga 100 megabit/detik.
  6. CAT 6 – Kabel UTP Category 6 [Cat6] ialah jenis kriteria kabel UTP dengan sertifikasi resmi paling tinggi.
  7. CAT 7 – Kabel UTP Category 7 [Cat7] ialah jenis kabel premium yang sangat cocok sekali sebagai media yang high traffic berbagai macam aplikasi dalam 1 kabel (single cable). Maksimum data yang terkirim sampai 10 Gbit/detik, dengan frekuensi 1000 Mhz.
Itulah tadi Pengertian Kabel UTP dan Fungsinya supaya berguna.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar