Skip to main content

Pengertian Lcd Dan Fungsinya

LCD ( Liquid Crystal Display). Liquid Crystal Display adalah suatu jenis display yang menggunakan Liquid Crystal untuk media refleksinya. LCD dapat di gunakan dalam aneka macam bidang, sebagai acuan:

monitor,TV, kalkulator. Pada LCD berwarna semacam monitor terdapat puluhan ribu pixel. Pixel yaitu satuan terkecil di dalam sebuah LCD. Pixel-pixel yang berjumlah puluhan ribu inilah yang membentuk suatu gambar dengan bantuan perangkat controller, yang terdapat di dalam sebuah monitor.

Dalam dunia elektronika LCD di gunakan selaku tampilan atau layar yang lebih irit energi. (LCD) itu sendiri ialah teknologi layar digital yang menciptakan citra pada sebuah permukaan yang rata (flat) dengan memberi sinar pada kristal cair dan filter berwarna, yang mempunyai struktur molekul polar, diapit antara dua elektroda yang transparan. Tapi Liquid Crystal itu tidak secara pribadi memancarkan cahaya. Bila medan listrik diberikan, molekul menyesuaikan posisinya pada medan, membentuk susunan kristalin yang mempolarisasi cahaya yang melaluinya.

LCD ini lebih ekonomis energi di bandingkan dengan model CRT. Konsumsi daya listrik yang rendah ini membuat bateray akan lebih tahan usang. Biasanya LCD ini di pakai untuk monitor komputer, televisi, panel instrumen, menampilkan pesawat kokpit, signage, dll. Misalkan layar kecil pada kalkulator, jam tangan digital, dan panel layar kecil yang ada di tape recorder atau CD.VCD,DVD player. Dengan LCD ini performa gambar akan kelihatan halus dan luas di banding dengan model CRT alasannya adalah tidak menggunakan fosfor dan tidak terjadi gambar burn in.

Setiap pixel dari suatu LCD lazimnya berisikan lapisan molekul selaras antara dua elektroda transparan, dan dua filter polarisasi. Dari permulaan hingga akhir LCD sudah banyak mengalami perkembangan dan terbagi menjadi beberapa macam, misalkan LCD yang terdapat di hape jadul atau hp layar monocrome, game box tetris yang dulu sempet jadi idola dan pujian anak anak (hehe gemebot mainan admin di saat masih kecil ). Kabar terbaru malah di temukannya dua jenis LED backlit display LCD yang ada di beberapa televisi sebagai alternatif untuk LCD backlit konvensional.

NB: Teknologi begitu cepatnya meningkat . Padahal 20 th yang lalu orang mendapatkan info cuma dari koran dan televisi itupun hanya dari TVRI yang ada di pukul 7 malam dan 9 malam, jikalau gak salah dunia dalam gosip. bandingkan dengan kini? Dulu Media yang takut pada penguasa tapi kini penguasa yang takut pada media.

Fungsi LCD
Fungsi LCD (Liquid Cristal Display) yakni jenis media performa yang menggunakan kristal cair sebagai penampilan sebuah data, baik huruf, abjad ataupun grafik. bentuknya tipis, mengeluarkan sedikit panas, dan memiliki resolusi tinggi.

LCD telah dipakai di aneka macam bidang misalnya dalam alat-alat elektronik mirip televisi, kalkulator ataupun layar komputer. Kini LCD mendominasi jenis penampilan untuk komputer desktop maupun laptop atau notebook.

LCD (Liquid Cristal Display) yakni salah satu jenis display elektro yang dibuat dengan teknologi CMOS logic yang melakukan pekerjaan dengan tidak menciptakan cahaya namun memantulkan cahaya yang ada di sekelilingnya terhadap front-lit atau mentransmisikan cahaya dari back-lit.

Material LCD merupakan terdiri dari lapisan adonan organik antara lapisan kaca bening dengan elektroda transparan indium oksida dalam bentuk penampilan seven-segment dan lapisan elektroda pada beling belakang. Ketika elektroda diaktifkan dengan medan listrik (tegangan), molekul organik yang panjang dan silindris beradaptasi dengan elektroda dari segmen.

Lapisan sandwich memiliki polarizer cahaya vertikal depan dan polarizer cahaya horisontal belakang yang dibarengi dengan lapisan reflektor. Cahaya yang dipantulkan tidak mampu melalui molekul-molekul yang sudah menyesuaikan diri dan segmen yang diaktifkan tampakmenjadi gelap dan membentuk aksara data yang ingin ditampilkan.

Cara Kerja LCD
Cristal cair akan menyaring cahaya backlight. Cahaya putih ialah susunan dari beberapa ratus spektrum cahaya dengan warna yang berbeda. Beberapa ratus spektrum cahaya tersebut akan terlihat jikalau cahaya putih mengalami refleksi atau pergeseran arah sinar.

LCD melakukan pekerjaan dengan cara membuka dan menutup layaknya tirai. Proses buka tutup ini berjalan sangat cepat. Karena itulah ada ungkapan Response Time di LCD.

Response Time adalah waktu yang dibutuhkan untuk berganti dari posisi kristal cair tertutup rapat (waktu menampilkan warna hitam) ke posisi kristal cair terbuka lebar (waktu memperlihatkan warna putih). Makara makin cepat response time maka kian baik. Response Time yang lambat akan mengakibatkan cacat gambar yang disebut ghosting atau jejak gambar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar