Skip to main content

Pengertian Mikrofon Dan Cara Kerjanya

Mikrofon yakni sebuah jenis transduser yang mengganti energi-energi akustik (gelombang bunyi) menjadi sinyal listrik. Mikrofon ialah salah satu alat untuk membantu komunikasi manusia. Mikrofon yakni suatu alat atau unsur Elektronika yang dapat mengganti atau mengkonversikan energi akustik (Gelombang Suara) keenergi listrik (Sinyal Audio). Mikrofon merupakan keluarga Transduser yang berfungsi selaku unsur atau alat pengubah satu bentuk energi ke bentuk energi yang lain. Setiap jenis Mikrofon memiliki cara yang berbeda dalam mengganti (konversi) bentuk energinya, tetapi mereka semua memiliki persamaan adalah semua jenis Mikrofon mempunyai sebuah bagian utama yang disebut dengan Diafragma (Diaphragm).

Mikrofon adalah suatu jenis transduser yang mengubah energi Pengertian Mikrofon dan Cara Kerjanya

Simbol Mikrofon dalam Rangkaian Elektronika

Mikrofon adalah suatu jenis transduser yang mengubah energi Pengertian Mikrofon dan Cara Kerjanya

Cara Kerja Mikrofon

Mikrofon adalah suatu jenis transduser yang mengubah energi Pengertian Mikrofon dan Cara Kerjanya

Mikrofon ialah unsur penting dalam perangkat Elektronik seperti alat bantu pendengaran, perekam suara, penyiaran Radio maupun alat komunikasi lainnya mirip Handphone, Telepon, Interkom, Walkie Talkie serta Home Entertainment seperti Karaoke. Pada dasarnya sinyal listrik yang dihasilkan Mikrofon sangatlah rendah, oleh karena itu diperlukan penguat sinyal yang lazimnya disebut dengan Amplifier. Untuk mengenal lebih jauh dengan Mikrofon yang nyaris setiap hari kita gunakan ini. Berikut ini yaitu penjelasan cara kerja Mikrofon secara singkat:
  1. Saat kita mengatakan, suara kita akan membentuk gelombang suara dan menuju ke Mikrofon.
  2. Dalam Mikrofon, Gelombang suara tersebut akan menabrak diafragma (diaphragm) yang berisikan membran plastik yang sungguh tipis. Diafragma akan bergetar sesuai dengan gelombang suara yang diterimanya.
  3. Sebuah Coil atau kumpuran kawat (Voice Coil) yang terdapat di bagian belakang diafragma akan ikut bergetar sesuai dengan getaran diafragma.
  4. Sebuah Magnet kecil yang permanen (tetap) yang dikelilingi oleh Coil atau Kumparan tersebut akan menciptakan medan magnet seiring dengan gerakan Coil.
  5. Pergerakan Voice Coil di Medan Magnet ini akan menjadikan sinyal listrik.
  6. Sinyal Listrik yang dihasilkan tersebut lalu mengalir ke Amplifier (Penguat) atau alat perekam bunyi.
Jenis-jenis Mikrofon

Berdasarkan Teknologi atau Teknik Konversinya dari Energi Akustik (Suara) menjadi Energi Listrik, Mikrofon mampu dibagi menjadi beberapa macam diantaranya yaitu selaku berikut:
  1. Dynamic Mikrofon, adalah Mikrofon yang bekerja menurut prinsip Induksi Elektromagnetik.
  2. Condenser Mikrofon, yaitu Mikrofon yang diafragmanya terbuat dari bahan logam dan digantungkan pada pelat logam statis dengan jarak yang sangat dekat sehingga keduanya terisolasi mirip suatu Kapasitor. Condenser Mikrofon disebut juga Capacitor Mikrofon.
  3. Electret Mikrofon, ialah Mikrofon jenis Condenser yang memiliki muatan listrik sendiri sehingga tidak memerlukan pencatu daya dari luar.
  4. Ribbon Mikrofon, adalah Mikrofon yang memakai pita tipis dan sensitif yang digantungkan pada medan magnet.
  5. Crystal Mikrofon atau Piezoelektris Mikrofon, yakni Mikrofon yang terbuat dari Kristal Aktif yang dapat menyebabkan tegangan sendiri dikala menangkap getaran sehingga tidak memerlukan pencatu daya dari luar.
Itulah sedikit penjelasan ihwal Pengertian Mikrofon dan Cara Kerjanya agar berguna bagi anda semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar