Skip to main content

Pengertian Nic Dan Fungsinya

NIC (Network Interface Card) ialah suatu peralatan elektro yang dibuat pada sebuah papan PCB yang hendak melakukan konversi sinyal sehingga suatu workstation mampu mengantardan menerima data dalam jaringan. Sering disebut juga dengan Ethernet card, atau sering juga disebut LAN card. NIC ialah kartu jaringan yang dipasang pada slot ekspansi pada komputer. Slot yang diperlukan bisa berupa slot PCI atau ISA. Selain itu terdapat juga beberapa card yang didedikasikan khusus bagi laptop atau notebook dengan socket PCMCIA. Sedangkan untuk output portnya dapat berbentukport BNC, AUI (Thick Ethernet), dan UTP.



Gambar: (1) NIC PC dan (2) NIC Laptop


NIC (Network Interface Card) mempunyai alamat khusus yang disebut sebagai ethernet address atau MAC address. Alamat ini adalah berupa arahan heksa 48-bit. Setiap NIC memiliki alamat yang berlawanan. Bila sebuah komputer hendak berkomunikasi dengan komputer yang lain maka beliau akan memancarkan sinyal untuk mencari alamat NIC yang dituju. Jika alamat tersebut telah ditemukan, maka komunikasi antar dua kartu ethernet mampu dilakukan. Bila NIC yang dituju ternyata tengah menanggulangi komunikasi dengan kartu ethernet lain nya, maka terjadi goresan data atau collision. Keduanya lalu akan berhenti memancarkan sinyal, menunggu untuk kembali memancarkan sinyal dalam waktu yang acak, sehingga lalu dapat berkomunikasi kembali.

Fungsi NIC (Network Interface Card)
NIC digunakan sebagai sarana mendapatkan dan mengirimkan data melalui kabel jaringan. Adapun peran dari NIC yaitu selaku berikut:
  • Transfer data ke komputer lain dengan terlebih dahulu menyiapkan data dari komputer agar mampu dilewatkan ke media penghubung.
  • Mengontrol ajaran data antar komputer dan sistem perkabelan.
  • Menerima data yang ditransfer dari komputer lain lewat kabel dan menterjemahkannya ke dalam bit yang diketahui oleh komputer.
Prinsip Kerja NIC
NIC bekerja pada lapisan fisik, di mana data dipecah menjadi bit lalu dikirim melalui jaringan ke komputer lain yang lalu dirangkai kembali menjadi data utuh. Setiap NIC memiliki isyarat unik tersendiri, artinya cuma ada satu, yang terdiri atas 12 digit arahan yang disebut dengan MAC Address (Media Access Control). Tujuan adanya MAC address yakni untuk menyingkir dari ukiran antar data di jaringan. Misalnya node akan mengantarkan paket data, maka sebelumnya akan melihat apakah jaringan sedang mengantarkan paket data atau tidak. Jika node melihat jaringan tidak melaksanakan pengiriman paket data, maka node akan melaksanakan pengantaran paket data.

Jika ada paket data yang dipancarkan pada ketika node sedang mengantarkan paket data, maka akan terjadi collision. Jika terjadi collision, maka node dan jaringan akan berhenti berbarengan untuk mengirimkan paket data. Setelah berhenti, node dan jaringan akan menunggu waktu secara acak untuk mengantarkan paket data. Paket data yang mengalami collision akan dikirim kembali saat ada kesempatan. Cara kerja ini sering dinamakan sistem CSMA/CD (Carrier Sence Multiple Access/Collison Detection), adalah pengurusan bagi pengantaran data oleh komputer/node secara serentak.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar