Skip to main content

Pengertian Power Supply Dan Fungsinya

Power Supply ialah bagian perangkat keras komputer yang berbentuk kotak/persegi yang berfungsi untuk mengubah arus AC menjadi arus DC yang hendak digunakan untuk mensuplai tenaga atau tegangan listrik secara eksklusif dari sumber tegangan listrik ke tegangan listrik yang yang lain. Power Supply biasanya dipakai untuk komputer sebagai penghantar tegangan listrik secara pribadi terhadap komponen-unsur atau perangkat keras lainnya yang ada di komputer tersebut, seperti Hardisk, Kipas, Motherboard dan lain sebagainya. Power Supply mempunyai input dari tegangan yang berarus AC (Alternating Current) dan mengubahnya menjadi arus DC (Direct Current) lalu menyalurkannya ke banyak sekali perangkat keras yang ada dikomputer kita. Karena memang arus DC (Direct Current)-lah yang diharapkan untuk perangkat keras supaya dapat beroperasi, DC (Direct Current) biasa disebut juga selaku arus yang searah sedangkan AC (Alternating Current) merupakan arus yang berlawanan.

Pengertian Power Supply secara biasa dalam sebuah komputer yaitu sebagai alat bantu konverter tegangan listrik pada komputer yang mampu mengubah tegangan listrik yang mempunyai arus AC ke arus DC sehingga semua hardware yang membutuhkan tegangan listrik yang berarus DC menerima tegangan listrik yang secara eksklusif diberikan oleh Power Supply ini. Oleh alasannya itu dalam setiap komputer yang ada ketika ini, power supply ialah sebuah perangkat keras yang paling dibutuhkan untuk menjalankan komputer, jikalau power supply tidak ada atau tidak mampu dipakai, maka komputer tidak akan dapat menyala tanpa power supply ini.
Baca juga : Pengertian Power Supply Catu Daya dan Fungsinya
Menurut jenisnya, Power Supply dibagi menjadi 2 jenis, yakni Power Supply AT dan Power Supply ATX. Dimana Power Supply AT hanya di gunakan pada permulaan-permulaan dibuatnya komputer dan cuma hingga ke komputer yang memiliki prosesor pentium 2, dikala ini tidak dipakai lagi Power Supply AT sebab power supply jenis ini tidak lagi mampu menunjukkan daya listrik yang cukup untuk komputer abad sekarang, serta sistem pengoperasiannya pun masih manual contohnya mesti menekan tombol on atau off untuk mematikan dan menyalakannya, lain halnya dengan power supply berjenis ATX jenis ini merupakan Power Supply abad sekarang yang mempunyai daya listrik yang tinggi untuk memenuhi standart komputer abad kini, serta pengoperasiannya pun otomatis, dan terdapat tambahan konektor power SATA. Diatas ialah beberapa Pengertian Power Supply secara lazim.

Power Supply adalah komponen perangkat keras komputer yang berbentuk kotak Pengertian Power Supply dan Fungsinya

Berikut ialah fungsi konektor yang terdapat pada Power Supply:
  • Konektor 20/24 pin ATX motherboard, merupakan konektor yang eksklusif dihubungkan ke motherboard, yang menunjukkan sumber tegangan utama untuk motherboard.
  • Konektor 4/8 pin 12 V, Konektor ini juga biasa disebut konektor P4 karena pertama kali digunakan bareng komputer prosessor pentium IV. konektor ini berfungsi memberikan daya khusus untuk komponen prosesor.
  • 6 pin AUX Power Cable, komponen ini berfungsi untuk menunjukkan daya untuk unsur VGA card yang berbasis PCIe.
  • Konektor 4 pin peripheral power cable, konektor ini dipakai untuk memperlihatkan daya ke aneka macam macam bagian hardware komputer seperti: optical card, casing fan, dan hardisk.
  • Floppy Disk Drive, konektor ini memiliki ukuran yang relatif kecil yang dipakai untuk memberikan daya untuk floppy disk.
  • SATA Power Cable, ialah konektor yang dipakai untuk memperlihatkan tegangan pada hardware yang menggunakan konektor SATA seperti hardisk.
Baca juga : Pengertian Power Supply Catu Daya Linear
Demikian penjelasan singkat perihal Pengertian Power Supply dan Fungsinya, semoga pembahasan kali ini dapat memiliki kegunaan dan berfaedah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar