Skip to main content

Pengertian Printer Laserjet Dan Cara Kerjanya

Printer Laserjet ialah proses pencetakan digital elektrostatik. Ini menciptakan teks berkualitas tinggi dan grafis (dan foto-mutu moderat) dengan beberapa kali melalui sinar laser bolak-balik atas silinder bermuatan negatif disebut "drum" untuk memilih gambar dikenakan biaya berlainan-beda dari Printer Inkjet untuk Komputer.

Drum kemudian secara pilih-pilih Globe mengumpulkan bermuatan listrik tinta debu (toner), dan transfer gambar ke kertas, yang kemudian dipanaskan untuk secara permanen sekering teks dan atau gambar. Seperti mesin fotokopi digital dan multifungsi atau all-in-one printer inkjet, printer laser memakai proses pencetakan xerographic.

Printer Laserjet adalah proses pencetakan digital elektrostatik Pengertian Printer Laserjet dan Cara Kerjanya

Cara kerja Printer laser berbeda dari mesin fotokopi analog dalam gambar dihasilkan oleh pemindaian pribadi dari media di fotoreseptor printer. Hal ini memungkinkan pencetakan laser untuk menyalin gambar lebih cepat dibandingkan dengan pada umumnya mesin fotokopi. Ditemukan di Xerox PARC pada tahun 1970, printer laser diperkenalkan untuk kantor dan lalu pasar rumah di tahun-tahun selanjutnya oleh IBM, Canon, Xerox, Apple, Hewlett-Packard dan banyak lainnya. Selama beberapa dekade, kualitas dan kecepatan telah meningkat alasannya harga sudah jatuh, dan perangkat pencetakan sekali canggih kini di mana-mana.

Printer Laserjet adalah proses pencetakan digital elektrostatik Pengertian Printer Laserjet dan Cara Kerjanya

Sebuah sinar laser (biasanya, aluminium gallium arsenide (AlGaAs) semikonduktor laser) memproyeksikan gambar halaman yang mau dicetak ke sebuah bermuatan listrik, selenium berlapis, berputar, gendang silinder (atau, lebih lazim di versi selanjutnya, drum disebut fotokonduktor organik yang terbuat dari N-vinylcarbazole, monomer organik).

Fotokonduktivitas memungkinkan elektron bermuatan jatuh jauh dari tempat terkena cahaya. tinta (toner) partikel abu lalu elektrostatis kepincut ke tempat bermuatan drum yang belum laser berseri-seri. drum lalu transfer gambar ke kertas (yang dilewatkan melalui mesin) melalui kontak langsung. Akhirnya kertas dilewatkan ke suatu finisher, yang menggunakan panas yang andal untuk pribadi sekering toner / gambar ke kertas.

Pengetian Printer Laserjet
Printer laser jet ialah jenis printer yang tata cara pencetakannya tinta bubuk atau yang umum di sebut toner dengan memakai perangkat infra merah.

Selain hasil cetak yang lebih elok jikalau disbanding dengan jenis printer dot matrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil cetak pada mesin photo copy.

Kelebihan dan Kekurangan Printer Laserjet

Kelebihan Printer Laserjet:
Adapun kelebihan pada printer Laserjet yakni :
  1. Kualitas cetak text yang tinggi.
  2. Kecepatan cetak tinggi.
  3. Dapat mencetak aneka macam ukuran kertas.
  4. Memiliki bermacam-macam pilihan termasuk collator dan stapler.
  5. Biaya keseluruhan lebih rendah karena keperluan tinta kecil.
Kekurangan Printer Laserjet:
Adapun kekurangan pada printer Laserjet ialah :
  1. Output foto lebih jelek.
  2. Harga printer laser warna lebih mahal ketimbang ink jet warna.
  3. Kemungkinan cetak warna yang tidak pas pada printer LED membuat gambar menjadi kabur.
  4. Output printer tinta padat mampu menciptakan paper jam mesin fotokopi atau scanner dengan auto feeder.
  5. Sekian penjelasan dari Penulis perihal Printer Laser Jet Semoga apa yang telah Penulis tulis ini dapat berfaedah untuk sahabat-sobat dan terima kasih sudah membaca postingan ini.
Demikianlah Pengertian Printer Laserjet dan Cara Kerjanya, agar berguna.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar