Skip to main content

Pengertian Switch Dan Fungsinya

Switch adalah sebuah perangkat atau Device yang berfungsi selaku pengatur dan pembagi sinyal data dari suatu komputer ke komputer yang lain yang terhubung pada perangkat tersebut, fungsi tersebut sama dengan fungsi HUB yang menjadi perbedaan adalah switch mampu melaksanakan pengaturan berbentukproses filter paket data. Biasanya masing-masing port pada switch bisa disetting sehingga mampu diputuskan port mana saja yang mampu saling terhubung. Switch beroperasi pada layer dua (Data Link Layer) dari OSI model.



Seperti halnya HUB, switch memiliki banyak port yang dipakai menghubungkan komputer. Banyaknya port yang terdapat pada Switch pun bermacam-macam, 8 port, 16 port, 24 port dan seterusnya. Switch dihidangkan untuk Eternet komputer, masing-masing dari port yang terdapat pada switch dimungkinkan untuk dikontrol support speed & duflex atau support kecepatan ethernetnya, contohnya saja kecepatan 10 Mbps, 100Mbps, 1000MBps atau bisa juga disetting auto. Kemampuan Switch untuk melewatkan data ke cuma device yang dituju bisa mengurangi bandwidht jaringan juga paket data yang melewati Switch akan lebih terjaga keamanannya dibandingkan dengan yang dilewatkan lewat HUB.

Kelebihan Switch dibandingkan HUB
Switch disebut juga HUB yang akil dimana kerja Swicth tidak cuma mengirim atau menerima sinyal, namun juga memproses berita pada layer data link. Informasi yang dicek berbentukmac Address dari setiap komputer dan perangkat yang tersambung. Switch menggunakan tata cara seleksi terhadap semua pernagkat atau komputer yang terhubung dengan dirinya. yang dipilih oleh switch berbentukMAC Address dari komputer atau perangkat jaringan yang terhubung. Karena switch memilih apalagi dahulu mac address mana yang menjadi tujuan, maka hal ini membuatnya mengirimkan data lebih singkat. Tidak seperti hub yang mengirim sinyal secara menyebar/menyeluruh, tidak peduli perangkat mana yang menjadi tujuan data tersebut.

Dengan data diatas, sangat masuk akal yah, jikalau HUB mulai ditinggalkan oleh pengguna jaringan komputer dan Harga Switch sendiri niscaya lebih mahal diandingkan dengna HUB

Demikian Pengertian Switch dan Fungsinya Pada Jaringan Komputer, semoga berfaedah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar