Skip to main content

Perbedaan Mouse Optik Dan Laser

Selama ini anda niscaya tau jika mouse terdapat 2 jenis berdasarkan sensor kerjanya, adalah optik dan laser. Tidak disanggah bahwa mouse dengan sensor laser memiliki teknologi yang lebih canggih, tetapi sensor laser tidak akan tercipta jika tidak ada sensor optik terlebih dulu. Sehubungan dengan hal tersebut, apakah kamu telah tau benar perbedaan keduanya?
Jika belum, simak postingan berikut yang membahas perbedaan secara lengkap antara sensor optik dan sensor laser.

1. Awal Mula Teknologi
Teknologi mouse optik diciptakan pada tahun 1980, namun butuh waktu hampir 2 dasawarsa untuk hingga ke masa berhasil secara komersial. Laser mouse pertama kali tampakpada Sun komputer server dan workstation. Diluncurkan untuk kebutuhan komputasi hari ke hari pada tahun 2004 oleh Logitech.

2. Sumber Cahaya
Mouse optik dapat memakai LED atau serangkaian fotodioda selaku sumber cahayanya. Mouse laser memakai laser infra merah dimana tidak tampaksecara kasat mata. Namun, saat difotografi memakai sensor CCD, akan terlihat ungu pada gambar. Mouse laser dan optik akan nampak mirip pada penampilannya, yang satu dapat dimengerti dengan menggerakkannya naik turun dan membandingkan sumber cahayannya. Mouse optik lazimnya memiliki sumber cahaya yang keluar berwana merah, putih ataupun biru, sedangkan mouse laser memliki sebuah infra merah yg lazimnya tidak kelihatan.

3. DPI dan Sensivitas Mouse
Dot per inch atau disingkat DPI, yakni ukuran dari sensivitas mouse, juga dapat didefinisikan selaku banyaknya titik pada layar saat mouse bergeser 1 inci. Semakin tinggi DPI suatu mouse, maka makin sensitif pointer mouse tersebut. Penggunanya kemudian mampu merasakan pointer mouse menjadi lebih akurat dan presisi dikala menggunakannya. Secara umum mouse laser diketahui memiliki DPI yang tinggi dibandingkan dengan mouse optik. Sebuah mouse optik umumnya hanya mimiliki DPI paling tinggi sampai 800 sedangkan mouse laser memiliki DPI antara 2000 dan 3400. Untuk mouse laser tertentu mempunyai DPI yang beragam dan mampu dikontrol sesuai cita-cita penggunanya.

4. Permukaan
Mouse telah dikenal untuk melakukan pekerjaan pada permukaan yang lunak atau bisa disebut mousepad dan pada umumnya dari mouse otpik memerluka mousepad agar mampu berfungsi. Mouse tersebut tidak berfugnsi secara optimal kalau digunakan pada permukaan yang bersinar atau yang dapat memantulkan cahaya. Namun, hal tersebut tidak menjadi kendala bagi mouse laser, alasannya mampu digunakan pada permuakaan yang keras sekalipun seperti meja atau lunak seperti di atas kasur.


Selama ini anda pasti tau kalau mouse terdapat  Perbedaan Mouse Optik dan Laser

Permukaan Optical Mouse dan Laser Mouse

5. Konsumsi Baterai
Saat pengguna menggunakan mouse wireless, mouse optik tidak terlalu baik dalam tingkat konsumsi baterai, sebab mengkonsumsi tenaga yang lebih banyak sehingga menjadi lebih boros. Beda halnya dengan mouse laser. Mouse laser mempunyai tingkat konsumsi baterai yang baik, dan mampu bertahan sampai 8 bulan untuk baterai jenis Li-ion. Sangat disarankan untuk memakai baterai yang mampu di cas ulang pada mouse wireless semoga ekonomis dan tidak terlali sering mengubah baterai.

6. Pengalaman Pengguna
Mouse optik terbukti bahwa mempunyai pengembangan lebih banyak ketimbang mouse mekanik sebelumnya. Namun tidak mampu disangkal bahwa mouse laser sudah menjadi yang terbaik bagi penggunanya. Untuk layar komputer 17" dan lebih besar, dibutuhkan pengguna mempunyai mouse yang memiliki DPI tinggi, di sinilah mouse laser senantiasa lebih disenangi daripada mouse optik biasa. Juga, mouse laser sungguh populer bagi kalangan gamers alasannya adalah memiliki tingkat akurasi tinggi dan fitur tambahan tombol yang dapat dikonfigurasi.

7. Harga
Dari kedua jenis mouse tersebut tersedia mulai dari harga yang irit sampai harga yang relatif tinggi jikalau didesain untuk gaming. terlepas dari teknologi sensor laser, mouse laser lazimnya memiliki bentuk body yang lebih baik dimana juga mampu dilapisi teflon dan lapisan lain untuk pemakain dalam waktu usang.

Dengan pembahasan di atas agar anda menjadi lebih paham apa saja perbedaaan antara optical mouse dan laser mouse. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar