Skip to main content

Rangkaian Saklar Lampu Otomatis Dengan Ldr

Pernahkah anda melihat lampu penerangan di pinggir jalan, lampu tersebut menyala otomatis ketika malam hari dan otomatis padam saat siang hari. Hal serupa juga terjadi pada lampu taman yang menyala dan padam secara otomatis bergantian siang dan malam. Hal tersebut terjadi dikarenakan terdapat rangkaian saklar otomatis yang mempergunakan karakteristik dari salah satu sensor cahaya adalah sensor LDR (Light Dependent Resistor) yang nilai resistansinya mampu berganti sesuai dengan intensitas cahaya. Bagaimana caranya menciptakan rangkaian lampu dengan saklar otomatis, berikut ini akan dijelaskan ihwal rangkaian saklar lampu otomatis menggunakan sensor LDR (Light Dependent Resistor).

Salah satu jenis saklar otomatis yang banyak dipakai saat ini yaitu saklar lampu dengan sensor cahaya, dimana saklar tersebut akan mati dan nyala secara otomatis alasannya terpengaruh oleh intensitas cahaya yang ada di sekeliling . Misal pada dikala malam hari, kita tidak butuhmemencet saklar untuk menyalakan lampu, sebab lampu akan menyala sendiri secara otomatis.

LDR (Light Dependent Resistor)
Sumber : https://www.google.com/

Ada aneka macam jenis sensor cahaya yang digunakan pada saklar lampu otomatis tersebut, namun yang paling murah dan sederhana yaitu LDR. Bagi anda yang belum tahu, LDR bukanlah kependekan dari long distance relationship, melainkan Light Dependent Resistor yang merupakan salah satu varian dari unsur resistor.

Light Dependent Resistor alias LDR ialah jenis resistor yang nilai resistansinya mampu dipengaruhi oleh intensitas cahaya. Kaprikornus nilai resistansi komponen tersebut bisa berganti-ubah sesuai dengan kadar cahaya yang diterimanya. Hal tersebut mampu dimanfaatkan untuk membuat suatu rangkaian elektro saklar lampu otomatis.

Jika anda ingin mencoba menciptakan sebuah alat berupa saklar lampu otomatis dengan sensor cahaya utamanya LDR, silahkan simak baik-baik ulasan berikut. Skema rangkaian di bawah ini cukup sederhana sehingga bisa dibuat bahkan oleh pemula sekalipun.

Rangkaian Saklar Lampu Otomatis dengan LDR
Sumber : https://www.google.com/

Daftar komponen yang diperlukan:
  1. Sensor cahaya LDR
  2. Potensiometer 10 k
  3. Resistor 220 ohm
  4. Transistor NPN
  5. Dioda 1n4001
  6. Batterai atau power supply 5 volt DC
  7. Relay
  8. Project board
  9. Lampu Neon 220 VAC
  10. Kabel seperlunya
Sedikit klarifikasi dari rangkaian di atas. Dalam rangkaian tersebut di atas terdapat suatu komponene LDR yang berfungsi sebagai sensor cahaya. Selain itu juga terdapat suatu potensiometer yang mampu dipakai untuk mengontrol sensitifitas senseor cahaya dalam menerima atau menanggapi cahaya yang ada disekitar.

Terdapat suatu komponen relay yang berfungsi sebagai saklar elektronika yang dapat memutus dan menyambung coil pada saat keadaan aktif. Dan sebuah transistor NPN yang ada di sana bertugas mengaktifkan coil relay. Semua bagian yang diperlukan untuk membuat rangkain saklar lampu otomatis menggunakan LDR ini bisa didapat dengan gampang.

Prinsip kerja dari rangkaian ini sangat sederhana. Pada ketika keadaan cahaya jelas, LDR akan menerima banyak cahaya sehingga menciptakan nilai resistansinya menjadi tinggi dan listrik tidak mampu mengalir. Hal tersebut menciptakan saklar dalam keadaan off sehingga lampu menjadi mati.

Sebaliknya pada ketika keadaan cahaya gelap, LDR tidak mendapatkan cahaya yang menimbulkan nilai resistansinya menjadi rendah. Tentu listrik akan bisa mengalir dan menyebababkan saklar dalam keadaan on dan lampu menyala.

Semoga isu singkat tentang Rangkaian Saklar Lampu Otomatis dengan LDR ini bisa berfaedah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar