Contoh soal Termokimia dan Jawaban lengkap

Contoh soal CPNS lengkap Kunci Jawaban.

Contoh Termokimia Hitungan Kalor

Contoh soal kedua ialah hitungan kalor. Cobalah untuk menganalisa pertanyaan berikut ini. Berapa jumlah kalor yang dapat digunakan untuk menaikkan suhu yaitu 50 gram dengan suhu 25 derajat celcius menjadi 60 derajat celcius? Sementara itu diketahui kalor dengan jenis air, c = 4, 18 J g-°C-1. Untuk menganalisa hitungan tersebut Anda memerlukan penerapan rumus. Berikut cara mengerjakannya.

1. Jawaban lewat rumus

Untuk mencari jawabannya Anda memerlukan rumus m c ΔT = Q. Berikut adalah perhitungannya. Q = m c ΔT
= 50 g X 4, 18 J g – 1°C – 1 X 35°C
= 7, 315 k J

Baca Juga :  Contoh Kebutuhan Yang Dipengaruhi Oleh Faktor Alam Adalah?

2. Pembahasan

Dalam soal tersebut, kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu dari 50 derajat celcius menjadi 60 derajat celcius adalah 50 kali 1 gram air. Artinya kalor yang sesungguhnya diperlukan untuk membuat suhu naik sebesar 35 derajat yaitu sebanyak 35 kali kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan 1 derajat celcius. Sehingga kalor yang dibutuhkan 7, 315 k J.

Contoh Soal Termokimia Penentuan Entalpi

Contoh soal selanjunya berkaitan dengan entalpi. Entalpi merupakan istilah di dalam termodinamika. Entalpi pada dasarnya tidak dapat dihitung namun nilai perubahannya masih bisa dicari. Bila diketahui persamaan rermokimia dari reaksi pembakaran gas asetilen 2 C2 H2(g)+502(g)   →   4C02(g)+2H20(ℓ) dan ∆H=-2.599,1 k J. Coba analisa entalpi pada pembakaran gas asetilen dan hitung kalor dengan pembakaran 10 L gas asetilennya.

Baca Juga :  Cara Membaca Puisi (dengan Gambar)

1. Jawaban entalpi

Reaksi pembakaran di atas memperlihatkan bahwa pembakaran dilakukan pada 2 mol gas C2 H2 dengan pembebasan kalori sebesar 2.599, 1 k J. Karena itu, entalpi pembakaran ditentukan untuk 1 mol gas esetilen. Dengan begitu, besarnya entalpi adalah 2.599,1 k J : 2 = 1.299, 6 k J.

2. Penghitungan kalor

Besarnya kalor pada kasus di atas dapat diketahui melalui mol gas asetilen dalam kondisi standar. Perhitungan kalor sama seperti cara-cara sebelumnya menggunakan rumus. Baca Juga : Contoh Soal Psikotest dan Kunci Jawaban.

Baca Juga :  Di Bawah Ini Adalah Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kelangkaan Kecuali,?

Nah, itulah beberapa soal yang bisa Anda cermati untuk mengecek pengetahuan mengenai Termokimia. Soal-soal mengenai penghitungan kalor dan reaksi tersebut biasanya juga keluar pada saat proses smptn. Salah satu kunci mengerjakan soal-soal Termokimia adalah memahami konsep dasarnya terlebih dahulu.

Dengan bantuan contoh soal Termokimia lengkap dengan jawabannya diharapkan pembelajar lebih cermat. Kalian juga bisa mempelajari lebih jauh tentang Termokimia dengan berkunjung ke blog panduankimia.net.

Tinggalkan komentar