Contoh Soal UAS/PAT Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 2 K13 Beserta JawabanPart-3

Contoh Soal UAS/PAT Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-3 – soal-soal ujian akhir semester genap pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas 11 semester genap SMA/SMK bagian ke-3, merupakan bagian terakhir dari rangkain tulisan soal-soal penilaian akhir semester atau ujian kenaikan kelas (UKK). Selain itu, bagian ketiga merupakan lanjutan soal UAS PAI bagian ke-1 dan bagian ke-2 (soal nomor 11-20).

Selain itu, bagi siswa kelas 12 yang mencari referensi belajar online soal USBN/USP agama Islam 2020/2021, bisa membaca postingan admin yang terbaru yang diambil dari USBN tahun 2019/2020, yaitu: Contoh Soal USBN PAI kelas 12 tahun 2019/2020 dan Kunci Jawaban

Lanjut ke materi UAS kelas 11….

Berbeda dengan sebelumnya, yang butir soalnya berbentuk pilihan ganda, untuk bagian terakhir berbentuk essay/uraian.

Berikut dibawah ini, soal UAS/PAS/PAT agama Islam kelas xi semester genap kurikulum 2013 (kurtilas) edisi revisi lengkap dengan kunci jawaban, dimulai dari pertanyaan nomor 21.

21. Sebutkan beberapa tugas para rasul yang diutus Allah Swt!
Jawaban: berikut ini adalah beberapa tugas para rasul yang diutus Allah Swt.
a. Menyampaikan syari’ah (ajaran agama) dan mengajak manusia untuk beribadah kepada Allah Swt.
b. Menjelaskan semua permasalahan agama yang diturunkan Allah
c. Membimbing manusia kepada kebaikan dan memperingatkan mereka dari kejahatan, serta membawa kabar gembira akan adanya pahala dan mengingatkan mereka akan adanya siksa.
d. Memperbaiki kondisi umat manusia, dengan memberikan tauldan yang baik, baik dalam perkataan maupun perbuatan
e. Menegakkan syari’at Allah serta mempraktekkannya di tengah-tengah umat manusia
f. Memperbaiki kesaksian atas umat mereka pada hari kiamat bahwa mereka telah menyampaikan semua misi yang mereka emban secara jelas.

Baca Juga :  Contoh Soal UAS/PAS Penjas Kelas X Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-2

22. Sebutkan pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S. Luqman ayat 15!
Jawaban:
a. Bahwa mempergauli orang tua dengan baik itu hanya dalam urusan keduniaan, bukan dalam hal agama
b. Bertujuan meringankan beban tugas itu, karena ia hanya untuk sementara yakni selama hidup di dunia yang hari-harinya terbatas, sehingga tidak mengapalah memikul beban kebaktian kepada-Nya.
c. Bertujuan menghadapkan kata dunia dengan hari kembali kepada Allah yang dinyatakan di atas dengan kalimat “hanya kepada-Ku kembali kamu”.

Baca Juga :  Contoh Soal Essay Sejarah Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawaban (Part-2)

23. Sebutkan dan jelaskan macam-macam khiyar!
Jawaban:
a. khiyar majlis maksudnya, si pembeli dan si penjual boleh memilih antara dua perkara selama keduanya masih tetap di di tempat jual beli.
b. khiyar syarat maksudnya, khiyar itu dijadikan syarat sewaktu akad.
c. khiyar ‘aibi maksudnya, si pembeli boleh mengembalikan barang yang dibelinya, apabila terdapat cacat.

24. Apa saja usaha yang dilakukan Sultan Muhammad II dari Kesultanan Turki Ustmani agar umat Islam di negaranya dapat menguasai ilmu pengetahuan?
Jawaban: Sultan Muhammad II (1785-1839) dari kesultanan Turki Ustmani, melakukan berbagai usaha agar umat Islam dinegaranya dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Usaha-usaha tersebut antara lain:
a. Melakukan modernisasi di bidang pendidikan dan pengajaran, dengan memasukkan kurikulum pengetahuan umum kepada lembaga-lembaga Islam (madrasah).
b. Mendirikan lembaga pendidikan “Mektebi Ma’arif”, untuk mencetak tenaga-tenaga ahli bidang administrasi, juga membangun lembaga “Mektebi Ulumi Edebiyet”, untuk menyediakan tenaga-tenaga ahli dibidang penerjemah.
c. Mendirikan perguruan-perguruan tinggi di bidang kedokteran, militer, dan teknologi.

25. Bagaimana sikap yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kekerasan dalam menjalankan kehidupan ini? Jelaskan alasan Anda!
Jawaban: Sebagai orang yang beriman kepada Allah swt. dan hari akhir maka sebaiknya kita selalu menjaga hubungan baik dengan sesama manusia. Kita harus mencitai orang lain seperti saudara kita, tetangga kita serta orang lain yang ada di sekitar kita. Kita jangan sampai melakukan sesuatu perbuatan yang dapat merugikan orang lain termasuk menyakiti, menghina, atau melakukan suatu tindakan kekerasan kepada mereka. Kalaupun ada perbedaan dengan orang lain, maka kita harus berusaha menerima perbedaan itu dan menyelesaikannya dengan adil dan kembali kepada Allah Swt. dan rasul-Nya (Sunnah). Karena tanpa Al-Qur’an dan hadis/Sunnah hidup manusia tidak akan mendapatkan kedamaian dan ketenteraman.

Baca Juga :  65 Contoh Soal Informatika Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013 SMA/MA Beserta Jawaban (PG+Essay)Part7

26. Tuliskan ayat dan arti surah Yunus ayat 40-41!
Jawaban:

Tinggalkan komentar