Contoh Soal USBN Sejarah SMA Kurikulum 2013 dan Kunci Jawabannya Part-5

Bila contoh USBN Sejarah SMA K13 bagian pertama sampai bagian ke-4 (soal nomor 31-40) berbentuk PG, maka untuk bagian terakhir atau kelima, berbentuk essay/uraian.

41. Seorang sejarawan akan melakukan penelitian tentang lahirnya gerakan reformasi di Indonesia. Untuk melakukan penelitian tersebut maka sejarawan tersebut melalui tahapan-tahapan. Sebutkan dan jelaskan 3 tahapan dalam penelitian sejaarah tersebut!
Jawaban: Tahapan pertama adalah heuristik yaitu kegiatan mencari dan mengumpulkan sumber sejarah baik dokumen tertulis maupun lisan dengan cara mewawancarai pelaku sejarah. Tahap kedua adalah verifikasi atau kritik sumber dengan menilai kebenaran dan keaslian sumber yang didapat. Tahap ketiga yaitu interpretasi dengan menafsirkan segala sumber yang didapat untuk mendapatkan objektifitas sejarah sehingga diperoleh sejarah yang benar.

Baca Juga :  Contoh Soal UAS Penjas Kelas X Semester 2 (PG dan Essay) beserta Jawaban (Part-2)

42. Kesultanan Banten memiliki seorang tokoh pemimpin paling dikenal dalam sejarah dan mendapat pengakuan sebagai pahlawan nasional yaitu Sultan Ageng Tirtayasa (1651-1682). Selama ia berkuasa, Banten mengalami kemajuan yang sangat pesat. Jelaskan peran Sultan Ageng Tirtayasa dalam memajukan Kesultanan Banten!
Jawaban: Sultan Ageng Tirtayasa sangat berperan memajukan pertanian dengan sistem irigasi yang ia buat di wilayah Banten utara. Ia juga berhasil menyusun angkatan perang yang sangat disegani di wilayah Pulau Jawa. Sebagai bandar, pelabuhan Banten menempatkan dirinya secara aktif dalam dunia perdagangan dan mampu meningkatkan volume perniagaan sehingga berdampak pula pada luasnya hubungan diplomatik.

43. Golongan profesional memiliki peranan penting dalam pergerakan nasional. Salah satunya adalah guru. Berilah penjelasan mengenai peran guru pada periode pergerakan nasional!
Jawaban: Peran guru pada periode pergerakan nasional adalah sebagai ujung tombak perjuangan memajukan bangsa Indonesia dari keterbelakangan. Guru memiliki peran dalam menanamkan rasa kebangsaan dan nasionalisme kepada anak didiknya. Melalui peran inilah lahir para pemimpin nasional yang dapat diandalkan dalam perjuangan kemerdekaan.

44. Identifikasikan empat strategi PKI untuk menyebarkan ideologi komunis hingga berhasil menjadi salah satu pemenang PEMILU 1955!        

Jawaban: 
(1) Membentuk organisasi masyarakat dengan berbagai latar belakang
(2) Membangun konspirasi dalam pembubaran lawan politiknya seperti Masyumi dan PSI
(3) Membangun jaringan komunisme di pemerintahan, angkatan bersenjata, universitas dan pemerintahan
(4) Menggalang dukungan melalui kampanye revolusi agraria, membagi-bagikan tanah kepada para petani

Baca Juga :  Contoh Soal PG Geografi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban

45. Terpilihnya Soeharto sebagai Presiden melalui Sidang Umum MPR 1998 ternyata tidak dapat memulihan kondisi krisis ekonomi yang melanda Indonesia sejak 1997. Hal ini menimbulkan aksi mahasiswa yang menyuarakan tuntutan gerakan Reformasi. Sebutkan 6 (enam) agenda Reformasi 1998!
Jawaban:
(1) Adili Soeharto dan krooni – kroninya
(2) Amandemen UUD 1945
(3) Penghapusan Dwi fungsi ABRI
(4) Otonomi daerah seluas – luasnya
(5) Supermasi Hukum
(6) Pemerintahan yang bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme ( KKN)

Baca Juga :  Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part-2

Baca juga:
Contoh Soal UASBN Sejarah SMA dan Kunci Jawabannya (KTSP)
40 Contoh Soal USBN Sejarah Peminatan SMA/MA 2020/2021 dan Jawabannya Kurikulum 2013

Tinggalkan komentar