Diberikan kompetensi dasar (KD) muatan matematika kelas tinggi yaitu “3.6 Menentukan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, kelipatan persekutuan terbesar (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari”. Berdasarkan KD yang telah diberikan, maka tentukan rumusan indikator ketercapaian kompetensi yang tepat dan sesuai dengan karakteristik siswa SD yaitu

Diberikan kompetensi dasar (KD) muatan matematika kelas tinggi yaitu “3.6 Menentukan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, kelipatan persekutuan terbesar (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari”. Berdasarkan KD yang telah diberikan, maka tentukan rumusan indikator ketercapaian kompetensi yang tepat dan sesuai dengan karakteristik siswa SD yaitu

  1. Menjelaskan pengertian kelipatan persekutuan.
  2. Menganalisis penyelesaian masalah FPB dan KPK dalam kehidupan sehari-hari. (C4)
  3. Menyebutkan faktor persekutuan dari dua bilangan.
  4. Memahami faktor persekutuan terbesar (FPB) dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK).
  5. Menuliskan faktor persekutuan dan kelipatan persekutuan.

Berdasarkan pilihan diatas, jawaban yang paling benar adalah: B. Menganalisis penyelesaian masalah FPB dan KPK dalam kehidupan sehari-hari. (C4).

Dari hasil voting 987 orang setuju jawaban B benar, dan 0 orang setuju jawaban B salah.

Diberikan kompetensi dasar (KD) muatan matematika kelas tinggi yaitu “3.6 Menentukan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, kelipatan persekutuan terbesar (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari”. Berdasarkan KD yang telah diberikan, maka tentukan rumusan indikator ketercapaian kompetensi yang tepat dan sesuai dengan karakteristik siswa SD yaitu menganalisis penyelesaian masalah fpb dan kpk dalam kehidupan sehari-hari. (c4).

Pembahasan dan Penjelasan

Jawaban A. Menjelaskan pengertian kelipatan persekutuan. menurut saya kurang tepat, karena kalau dibaca dari pertanyaanya jawaban ini tidak nyambung sama sekali.

Jawaban B. Menganalisis penyelesaian masalah FPB dan KPK dalam kehidupan sehari-hari. (C4) menurut saya ini yang paling benar, karena kalau dibandingkan dengan pilihan yang lain, ini jawaban yang paling pas tepat, dan akurat.

Jawaban C. Menyebutkan faktor persekutuan dari dua bilangan. menurut saya ini juga salah, karena dari buku yang saya baca ini tidak masuk dalam pembahasan.

Jawaban D. Memahami faktor persekutuan terbesar (FPB) dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK). menurut saya ini salah, karena dari apa yang ditanyakan, sudah sangat jelas jawaban ini tidak saling berkaitan.

Jawaban E. Menuliskan faktor persekutuan dan kelipatan persekutuan. menurut saya ini salah, karena setelah saya cari di google, jawaban tersebut lebih tepat digunkan untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa disimpulkan pilihan jawaban yang benar adalah B. Menganalisis penyelesaian masalah FPB dan KPK dalam kehidupan sehari-hari. (C4)

Jika masih punya pertanyaan lain, kalian bisa menanyakan melalui kolom komentar dibawah, terimakasih.

Tinggalkan komentar