Putu Wijaya dikenal sebagai dramawan dan penulis cerpen yang sangat produktif. Ia dilahirkan di Tabanan, Bali, 11 April 1944. Novel beliau yang berjudul Telegram dan Stasiun telah memenangkan sayembara menulis Roman DKJ 1972. Dia pernah mengajar di Amerika Serikat pada 1985-1989. Salah satu ciri kebahasaan yang paling tampak pada penggalan biografi tersebut adalah

Putu Wijaya dikenal sebagai dramawan dan penulis cerpen yang sangat produktif. Ia dilahirkan di Tabanan, Bali, 11 April 1944. Novel beliau yang berjudul Telegram dan Stasiun telah memenangkan sayembara menulis Roman DKJ 1972. Dia pernah mengajar di Amerika Serikat pada 1985-1989. Salah satu ciri kebahasaan yang paling tampak pada penggalan biografi tersebut adalah

  1. penggunaan konjungsi
  2. penggunaan kata ganti orang
  3. penggunaan sudut pandang
  4. penggunaan kata populer
  5. penggunaan kalimat deskriptif

Berdasarkan pilihan diatas, jawaban yang paling benar adalah: B. penggunaan kata ganti orang.

Baca Juga :  Bu Hasna merupakan guru di abad 21 yang kesehariannya mendidik generasi Z. Dalam memfasilitasi peserta didiknya, Bu Hasna selalu membangun iklim positif agar terbangun integritas, tanggung jawab dan konsistensi dalam proses pembelajaran. Berikut merupakan keadaan yang menggambarkan iklim positif di kelas Bu Hasna?

Dari hasil voting 987 orang setuju jawaban B benar, dan 0 orang setuju jawaban B salah.

Putu Wijaya dikenal sebagai dramawan dan penulis cerpen yang sangat produktif. Ia dilahirkan di Tabanan, Bali, 11 April 1944. Novel beliau yang berjudul Telegram dan Stasiun telah memenangkan sayembara menulis Roman DKJ 1972. Dia pernah mengajar di Amerika Serikat pada 1985-1989. Salah satu ciri kebahasaan yang paling tampak pada penggalan biografi tersebut adalah penggunaan kata ganti orang.

Baca Juga :  Salah satu cara menumbuhkan kesadaran tersebut adalah dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Pembiasaan tersebut seperti?

Pembahasan dan Penjelasan

Jawaban A. penggunaan konjungsi menurut saya kurang tepat, karena kalau dibaca dari pertanyaanya jawaban ini tidak nyambung sama sekali.

Jawaban B. penggunaan kata ganti orang menurut saya ini yang paling benar, karena kalau dibandingkan dengan pilihan yang lain, ini jawaban yang paling pas tepat, dan akurat.

Jawaban C. penggunaan sudut pandang menurut saya ini juga salah, karena dari buku yang saya baca ini tidak masuk dalam pembahasan.

Jawaban D. penggunaan kata populer menurut saya ini salah, karena dari apa yang ditanyakan, sudah sangat jelas jawaban ini tidak saling berkaitan.

Baca Juga :  Cermati kutipan novel berikut!Di akhir suratnya, Baso menulis sebuah pesan atau mungkin sebuah semangat buat dirinya sendiri, “Aku akhirnya sampai pada kesimpulan, bahwa hidup itu masalah penyerahan diri. Kalau aku sudah bingung dan terlalu capek menghadapi segala tekanan hidup, aku praktikan nasihat Kyai Rais, yaitu siapa saja yang mewakilkan urusannya kepada Tuhan, maka Dia akan ‘mencukupkan’ semua kebutuhan kita. ‘Cukup’ kawanku. Itu yang seharusnya kita cari. Apa artinya banyak harta tapi tidak pernah merasa cukup. Itulah janji Tuhan buat orang yang tawakal. Aku ingin tawakal sempurna. Aku ingin dicukupkan-Nya segala kebutuhan.” (Ranah 3 Warna: A. Fuadi)Hubungan antarunsur yang terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah

Jawaban E. penggunaan kalimat deskriptif menurut saya ini salah, karena setelah saya cari di google, jawaban tersebut lebih tepat digunkan untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa disimpulkan pilihan jawaban yang benar adalah B. penggunaan kata ganti orang

Jika masih punya pertanyaan lain, kalian bisa menanyakan melalui kolom komentar dibawah, terimakasih.

Tinggalkan komentar