Soal PPPK Guru PAUD 2020

Cоntоh Soal PPPK Guru PAUD 2020 

Pеnеrіmааn PPPK Guru PAUD ѕеbаgаіmаnа іnfоrmаѕі уаng dіѕаmраіkаn Kеmеnраn-RB dan BKN mеlаluі ѕіаrаn реrѕ bеrѕаmа Aѕоѕіаѕі Mеdіа Sіbеr Indоnеѕіа (AMSI) bеbеrара wаktu уаng lаlu. Pеmеrіntаh bеrеnсаnа mengadakan rеkrutmеn PPPK Guru PAUD tаhun 2020 dаlаm 2 (duа) tahapan, yakni: 
 

Cоntоh Sоаl PPPK Guru PAUD 2020 dan Jаwаbаnnуа 

Mеmреlаjаrі kumpulan соntоh soal Kumpulan Soal P3k Pedagogik
Bаgі anda уаng mеndаftаr раdа fоrmаѕі Guru PAUD dаlаm реnеrіmааn PPPK 2020. Mаkа mempelajari kumрulаn соntоh soal PPPK Guru PAUD file PDF mеruраkаn lаngkаh сеrdаѕ ѕuрауа bіѕа luluѕ tes. Hаl іnі dіkаrеnаkаn soal tes seleksi kоmреtеnѕі PPPK nantinya akan sangat berhubungan dengan fоrmаѕі Guru PAUD yang anda lаmаr. 
 
Berdasarkan PP Nо. 49 tаhun 2018, ѕеlеkѕі PPPK terbagi kераdа 2 tahapan, уаknі ѕеlеkѕі аdmіnіѕtrаѕі dan seleksi kоmреtеnѕі. Tаhараn ѕеlеkѕі kоmреtеnѕі PPPK Guru PAUD іnі tіdаk jаuh bеrbеdа dengan seleksi SKD mаuрun SKB dаlаm реnеrіmааn CPNS. Jаdі аndа jugа bіѕа mempelajari соntоh soal SKD mаuрun SKB CPNS Guru PAUD аtаu sesuai dеngаn fоrmаѕі уаng аndа lаmаr. Misalnya anda melamar pada fоrmаѕі Guru PAUD, mаkа реlаjаrі соntоh ѕоаl SKB CPNS Guru PAUD. 

Cоntоh Sоаl PPPK Guru PAUD 2020 PDF 

Kumpulan soal tеѕ PPPK Guru PAUD 2020 ѕudаh banyak уаng membagikannya ѕесаrа grаtіѕ dі internet. Mеѕkірun bеgіtu, saya jugа аkаn mеmbаgіkаn beberapa Cоntоh Sоаl PPPK Guru PAUD 2020 untuk аndа. Semakin bаnуаk ѕоаl уаng аndа pelajari, maka реluаng luluѕ dalam ѕеlеkѕі реnеrіmааn PPPK Guru PAUD 2020 jugа semakin besar. 
 
Hаѕіl раntаuаn аdmіn di bеbеrара grub CPNS di WhаtѕAрр dаn Tеlеgrаm tеntаng peserta yang luluѕ CPNS Guru PAUD 2018. Merupakan peserta Cara Mengecek Nama Guru Honorer Di Dasboard GTK Kemendikbud
13)Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut ……………
A.Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B.Memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
C.Memberikan tambahan sumber baaan tambahan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument tesnya yang sesuai
D.Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda
14)Yang di maksud dengan penilaian adalah
A.Pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
B.Proses yang di lakukan untuk mengambil keputusan berdasaarkan evaluasi.
C.Membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria.
D.Proses interaksi antara peserta didik dan pendidik
15)Bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap menggunakan pengetahuan yang di peroleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan tugas di sebut penilaian
A.Pre test
B.post test
C.Autentik
D.Non Autentik
16)Pendidik melakukan penilaian kompetensi sikap melalui observasi penilaian diri, penilaian “teman sejawat” (peer evaluation) oleh peserta didik. Adapun instrumen yang di gunakan dalam penilaian tersebut adalah :
A.Skala penilaian (rating scole)
B.rubrik
C.jurnal
D.Soal tes
17)Lingkup penilaian hasil belajar mencakup kompetensi beberapa kompetensi yaitu;
A.kompetensi spiritual, kompetensi sikap.
B.kompetensi inti, kompetensi dasar
 
C.kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi keterampilan, kompetensipengetahuan.
D.kompetensi sikap sosial
18)Aspek yang di nilai dalam pembelajaran matetamatika sebagai berikut kecuali ;
A.Pemahaman konsep
B.Menggunakan grafik
C.melakukan prosedur
D.pemecahan masalah dan sikap
19)Konsep menyodorkan berbagai situasi kepada siswa dan mendorong siswa untuk menyelidiki, mencari jawabannya adalah konsep dan strategi…..
A.Juscovery learning
B.Induktif learning
C.Inquiry learning
D.Cooperatif learning
20)Guru memebentuk kelompok kelompok belajar dan memeberikan tugas kepada tiap kelompok . Setiap anggota dari suatu kelompok memberikan tugas dan fungsi tertentu sehingga jika salah satu tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersbut tidak dapat di selesaikan . karakteristik dari strategi pembelajaran tersebu adalah ;
A.Tugas kelompok
B.Diskusi kelompok kecil
C.Pengajaran langsung (direct teaching)
D.belajar kooperatf (cooperatf learning)
21)Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran memiliki tiga fungsi utama yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali
A.Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran
B.Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)
C.Teknologi sebagai bahan dann alat bantu pembelajaran (literacy)
D.Teknologi sebagai alat pengembangan produk
22)Bu Ani mengajak siswa kelas V ke ladang jagung milik petani untuk mengamati tanaman jagung yang siap di panen muda. Selanjutnya ibu Ani memeriksa laporan hasil observasi siswa. Dari hasil klasifikasi kecenderungan gaya belajar siswa di peroleh peringkat hasil belajar peringkat terbaik dari pembelajaran berupa observasi di luar kelas menunjukkan siswa memeiliki kecenderungan gaya belajar berhasil baik melalui…..
 
A.Visual (pandangan mata)- Auditif (pendengaran)
B.Visual (pandangan mata ) – Kinestik (gerak )
C.Auditif (pendengaran )- Kinestetik (gerak)
D.Auditif Visual dan kinestetik
23)Upaya membimbing siswa untuk mengembang ketrampilan pengetahuan terlihat dalam upaya guru:
A.memberi contoh penting toleransi
B.mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan disekitar siswa
C.melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
D.melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi
24)Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukanketuntasan belajar antara lain sebagai berikut ………
A.menentukan kreteria keberhasilan belajar
B.mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
C.mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kreteria keberhasilan yang diharapkan
D.merencanakan pengajaran remidi
25)Kegemaran anak akan dongeng /cerita yang bersifat kritis seperti kisah perjalanan riwayat para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia………
A.3-5tahun
B.6-8 tahun
C.10-12 tahun
D.15-18 tahun
26)Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan .Gaya belajar para siswa tersebut adalah…….
A.implusive
B.reflektif
C.gaya berfikir terikat
D.gaya berfikir bebas
27)Hal yang mengandung makna Pancasila sebagai kaidah dasar Negara bersifat…….
A.jujur dan adil
B.mengikat dan memaksa
 
C.sementara dan selamanya
D.sebenarnya dan sejujunya
28)Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur ,hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang ……
A.Adil
B.Obyektif
C.Valid
D.Sistematis
29)Jika roda pertama berputar 3 kali, dan roda kedua berputar 9 kali, berapakalikah roda kedua akan berputar jika roda pertama berputar 10 kali
A.30
B.21
C.27
D.18
30)Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program adalah ….
A.Pengukuran
B.Evaluaasi
C.Penilaian
D.Penilaian
31)Proses mendengarkan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh disebut…..
A.Membaca intensif
B.Membaca langsung
C.Membaca deduktif
D.Membaca sekilas
32)Etika Pancasila adalah …..
A.Ketuhanan, kemanusiaan dan keadilan
B.Keagamaan, social dan kerakyatan
C.Kebangsaan , kedaerahan dan kebudayaan
D.Ketuhanan, kerakyatan dan kebangsaan
33)Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada….
 
A.Metode pembelajaran
B.Pendekatan pembelajaran
C.Strategi pembelajaran
D.Gaya pembelajaran
34)Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah (1) meningkatkan proses belajar mengajar, (2) menggunakan rancangan yang bersifat siklus di mana setiap siklus memperhatikan perubahan langkah demi langkah, dan (3) mencakup proses refleksi dan partisipatif, kecuali….
A.Meningkatkan proses belajar mengajar
B.Menggunakan rancangan yang bersifat siklus
C.Mencakup proses refleksi
D.Menggunakan metodelogi terbaru
35)Pada suatu hari dalam perjalanan menumpangi mobil angkot. Dua penumpang yang masih muda belia tertawa, tetapi tidak terdengar mereka melakukan interaksi. Karena penasaran, saya mencoba memperhatiakan apa yang mereka lakukan. Ternyata mereka adalah siswa-siswa tuna rungu sedang asyik berkomunikasi, akan tetapi komunikasi yang dilakukan tidak menggunakan bahasa. Mereka menggunakan jari-jari tangan untuk berkomunikasi. Dengan demikian mereka menggunkan bahasa isyarat. Dari ilustrasi di atas, bahasa termasuk komunikasi…..
A.Verbal
B.Nonverbal
C.Inverbal
D.Sistimatik
36)Seorang bayi mulai berinteraksi dengan mengeluarkan bunyi-bunyi yang tidak beraturan ketika diperlihatkan sebuah maianan dan diajak bicara. Seorang ibu seringkali memberi kesempatan kepada bayi untuk ikut dalam komunikasi sosial dengannya. Bayi mengangkat-angkat badannya seolah-olah memberi tanda untuk minta digendong. Ketika itulah bayi pertama kali mengenal sosialisasi dan merasakan bahwa dunia ini tempat orang saling berbagi rasa. Proses anak mulai mengenal komunikasi dengan lingkungannya secara verbal disebut dengan….
A.Pemerolehan bahasa
B.Pemerolehan isyarat anak
C.Pemecahan bahasa anak
D.Karakteristik anak
 
37)Penggunaan huruf kapital di bawah ini yang benar adalah….
A.“kapan bapak berangkat?” tanya dirman
B.Presiden jokowi berkunjung ke blora.
C.Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma
D.teluk bone sungguh indah dan mengagumkan.
38)Bahasa Indonesia Baku adalah bahasa Indonesia yang mengikuti kaidah atau pola bahasa Indonesia yang sedang berlaku.
Penggunaan huruf miring pada kalimat di atas digunakan untuk….
A.Menulis judul buku
B.Menjelaskan atau mengkhususkan huruf, bagian kata, atau kelompok kata
C.Menuliskan kata nama-nama ilmiah
D.Menuliskan nama majalah
39)Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku dengan bahasa yang berbeda-beda, maka akan sulit berkomunikai kecuali ada satu bahasa pokok yang digunakan. Maka dari itu digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal ini Bahasa Indonesia memiliki kedudukan dan fungsi….
A.Sebagai lambang kebanggaan kebangsaan
B.Sebagai alat pemersatu bangsa
C.Sebagai alat perhubungan
D.Sebagai lambang identitas nasional
40)Untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan segala hal dalam konteks pendidikan digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal tersebut merupakan fungsi Bahasa Indonesia sebagai….
A.Alat perhubungan tingkat nasional
B.Alat pengembangan kebudayaan dan IPTEK nasional
C.Bahasa yang digunakan dalam peristiwa kenegaraan
D.Bahasa pengantar di lembaga pendidikan
41)Model pembelajaran yang cocok dengan mata pelajaran matematika adalah….
A.Model Inquiry Learning
B.Model Discovery Learning
C.Model Problem Based Learning
D.Model Project Based Learning
 
42)Teman-teman, pernah punya pengalaman seperti Fikri, nggak? Sewaktu dia bermain di sungai bersama teman-temannya, dia mnginjak batu sungai yang licin. Akibatnya dia terpeleset dan byuurrr… jatuh deh ke sungai. Waah… asyik, ya, bermain di sungai. Eh, teman-teman tahu nggak, mengapa batu di sungai halus dan licin sedangkan batu-batu di darat banyak yang kasar? Begini penjelasannya, simak ya….
Dalam bacaan di atas menggunakan ragam bahasa….
A.Resmi
B.Baku
C.Tidak baku
D.Daerah
43)Peggunaan tanda baca yamg benar dibawah ini adalah …………
A.Kita sekarang memerlukan meja. kursi. dan lemari.
B.Kita, sekarang memerlukan meja, kursi, dan lemari !
C.Kita sekarang memerlukan meja, kursi dan lemari.
D.Kita sekarang memerlukan meja kursi dan lemari ?
44)Menyimak sebagai sebuah keterampilan berbahasa , Karena ………
A.Menyimak sambil melakukan aktivitas lain tidak mampu menanggapi secara tepat
B.Menyimak sambil melakukan aktifitas lain mampu menanggapi secara tepat
C.Membaca sambil menyimak mampu menangkap pembicaraan secara benar
D.Menyimak sambil menyanyi , ternyata dapat menanggapi secara tepat
45)Dalam pembelajaran membaca permulaan, ada beberapa metode yang dapat digunakan kecuali …………
A.Metode Kupas rangkai suku kata
B.Metode kata lembaga
C.Metode SAS
D.Metode Cerita
46)Berikut diberikan studi kasus :
Mula – mula diberikan kalimat secara keseluruhan. Kalimat itu diuraikan atas kata – kata yang mendukungnya. Dari kata – kata itu kita ceraikan atas suku – suku katanya dan akhirnya atas huruf – hurufnya.Kemudian huruf – huruf itu kita sintetiskan kembali menjadi suku kata, suku kata menjadi kata dan kata menjadi kalimat. Berdasarkan studi kasus metode membaca permulaan yang tepat digunakan adalah ………
A.Metode Alfabet
B.Metode Suku Kata
C.Metode SAS
 
D.Metode Cerita
47)Memilihberbagai metode menulis permulaan 1). Menulis permulaan
2). Merangkaikan huruf lepas menjadi suku kata 3). Merangkaikan suku kata menjadi kata
4). Menyusun kata menjadi kalimat
Tahapan diatas adalah teknik menulis permulaan dengan metode …………
A.Metode Eja
B.Metode Kata Lembaga
C.Metode SAS
D.Metode Global
48)Merancang berbagai kegiatan menulis di kelas tinggi
Berikut adaah kegiatan menulis lanjutan di kelas tinggi,kecuali….
A.Menulis tentang berbagai topik
B.Menulis pengumuman
C.Menulis pantun
D.Menulis memo
49)Kegiatan mementaskan lakon atau cerita biasanya guru dan siswa mempersiapka naskah dan skenario,perilaku dan perlengkapan.kegiatan tersbut mengekpesikan perasaan dan pikiran siswa dalam bentuk bahasa lisan.hal tersebut termasuk hakekat berbicara jenis…..
A.Bercerita
B.Cerita berantai
C.Bermain peran
D.Dramatisasi
50)
1) Warna batunya merah menyala seperti api, bila terkena sinar matahari akan menyilaukan mata.
2) Ayah memiliki batu akik yang sangat-sangat ia sukai.
3) Batu akik ini sungguh ajaib karena seakan menyala saat lampu mati.
4) Tidak salah jika Ayah sangat suka dengan batu akiknya ini.
Urutan kalimat-kalimat di atas agar menjadi paragraf yang padu adalah …
A.  1 – 4 – 2 – 3
B.   1 – 3 – 2 – 4
C.   2 – 1 – 3 – 4
D.  2 – 3 – 4 – 1
Demikianlah Soal PPPK Guru PAUD 2020 yang semoga bermanfaat bagi bapak ibu guru yang mohon bagikan agar kebaikan tetap mengalir di antara kita semua, aminnnnn
Baca Juga :  Daftar Segera! Inilah Cara Mendapatkan Kuota Internet Gratis 30 GB untuk Guru dari Kemdikbud

Tinggalkan komentar