Soal Teknis PPPK Guru 2021 Beserta Pembahasannya

Soal Teknis P3K Guru SD dalam Menghadapi Kompetensi Latihan Pedagodik teknis Guru yang dilengkapi dengan contoh Soal beserta jawabannya sehingga mudah difahami bagi pelamar PPPK 2021.

Bedasarkan pada acuan Kis-kisi PPPK resmi dari Menpan dan Mendikbud bahwa ada 3 tahapan seleksi yang mesti dilewati yaitu. 1. Administrasi/Pemberkasan, 2. Kompetensi ( Manejerial, Sosio Kultural, dan Teknis), 3. Wawancara.

Pada artikel ini admin membahas 40 Soal PPPK Kemampuan Teknis Guru yang kami rangkul dari vendor-vendor pembuat soal PPPK dan sekaligus menjadi prediksi atau bocoran soal PPPK 2021.

Tidak hanya bisa belajar namun juga teman-teman yang tidak memiliki waktu bisa mengunduh file aslinya di link paling bawah yang sudah admin sediakan, sehingga anda tinggal print atau cukup di baca lewat HP android.

Download Juga : Soal P3K Guru Semua Jurusan Terlengkap

Tidak sedikit juga para pelamar P3K guru SD misalnya, Tekadang malas membaca dan lebih mudah faham mendengarkan video secara visual, Nah, Admin juga menyediakan Video pembahasan Lengkap di Channel Youtube Situs Edukasi untuk di tonton.

Contoh Soal PPPK Teknis Guru 2021

Berikut 40 Contoh soal Teknis Guru yang dapat di pelajari dan di baca baik-baik untuk mendapatkan femahaman yang maksimal. Semoga contoh soal Resmi dapat menjadi bahan menghadapi Seleksi P3K Guru 2021. Selamat Belajar.

 

1.         Pemberian Umpan balik kepada peserta didik penting dilakukan untuk meningkatkan keberhasilan, memperbaiki kesalahan, membantu untuk mengungkapkan kesalahpahaman, menyarankan perbaikan tertentu, jenis umpan balikjika siswa homogen adalah …

A.         Representative feedback

B.         Comulatif feedback

C.         Quantitaive Feedback

D.         Institutionalized Feedback

E.         Eksternal feedback Pembahasan

Comulatif Feedback adalah umpan balik yang datang kepada komunikator untuk kemudian dihimpun dahulu dan tidak segera diubah ke bentuk tindakan berikutnya. Karena komukiator harus mampu untuk mempertimbangkan terlebih dahulu untuk dapat membuatkebijaksanaan selanjutnya.

Cocok untuk siswa yang homogen. Jawaban : B

 

2.         Menyanyikan lagu Indonesia raya merupakan penilaian …

A.         Kinerja

B.         Produk

C.         Portofolio

D.         Proyek

E.         Praktik Pembahasan

“Menyanyikan” merupakan kata kerja.

sehingga yang menjadi penilaian adalah praktiknya. Jawaban : E

 

3.         Siswa membuat laporan hasil pengamatan proses fotosintesis termasuk penilaian …

A.         Kinerja

B.         Produk

C.         Portofolio

D.         Proyek

E.         Proyek

 

Pembahasan

“Membuat laporan“ merupakan pekerjaan yang memiliki hasil produk. sehingga yang menjadi penilaian adalah produknya.

Jawaban : B

 

 

4.         Dalam pembelajaran di kelas anda terdapat 2 siswa anda yang berkebutuhan khusus, pembelajaran apa yang tepat dilakukan dalam menghadapi kondisis ini…

A.         Menyuruh anak itu mengerjakan soal kedepan dan membimbingnya

B.         Membagi kelompok diskusi

C.         Melakukan pembimbingan di tempat duduk mereka

D.         Mengelompokkan dengan siswa pintar agar ikut terimbas

E.         Memisahkan kedua siswa dengan siswa normal lainnya dengan perlakuan berbeda Pembahasan

Penanganan anak berkebutuhan khusus :

1.         Perilaku anak berkebutuhan khusus kadang tidak terduga. Oleh karena itu, penting untuk mendahulukan keselamatan dan mengatur lingkungan agar nyaman secara fisik dan emosional.

2.         Menggunakan metode yang beragam untuk membuat anak mengerti dan menguasai kemampuan baru.

3.         Anak berkebutuhan khusus memerlukan dukungan ekstra atau guru pendamping yang duduk bersamanya.

 

Jawaban : C

 

5.         Guru menguasai bidang keilmuan Iain yang menunjang proses pembelajaran. Adalah kompetensi …

A.         Pedagonik

B.         Profesional

C.         Keperibadian

D.         Sosial

E.         Budaya Pembahasan

Kompetensi Pedagonik pada dasarnya adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran

peserta didik. Sepertihalnya menguasai karakterisitik peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, pengembangan kurikulum, dll.

Jawaban: A

 

 

6.         Dalam mengawali Pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai Teknik, mengasosisasi/ menganalisis/ mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasian hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran …

A.         Portofolio

B.         Saintifik

C.         Penemuan

D.         Autentik

E.         kontekstual

Pembahasan Saintifik learning :

          Mengamati

          Menanya

          Mengumpulan informasi/eksperimen

          Mengasosiakan/mengolah informasi, dan

          Mengkomunikasikan

 

Jawaban : B

 

7.         Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus dapat menilai kemampuan siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai aspek. Hal ini sesuai dengan prinsip …

A.         Terbuka

B.         Menyeluruh

C.         Bermakna

D.         Adil

E.         Sahih

 

Pembahasan

Menyeluruh dan berkesinambungan, berarti penialian oleh pendidik mencakup semua aspek ompetensi dengan menggunakan berbagai Teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.

Jawaban : B

 

 

8.         Media pembelajaran yang cocok untuk menjelaskan materi tentang Ken Arok dan Ken Dedes

adalah …

A.         Sejarah tokoh masyarakat Jawa

B.         Sumber buku paket

C.         Gambar peta dan globe

D.         Video kisah Ken Arok dan Ken Dedes

E.         Gambar candi

 

Pembahasan

Media pembelajaran adalah suatu media yang berfungsi untuk mempermudah dalam proses pemberian informasi dalam suatu pembelajaran. Sedangkan sumber belajar adalah seluruh sumber yang bisa digunakan untuk mendapatkan materi atau data dalam rangka proses mencapai tujuan dari pembelajaran.

 

Dari opsi pilihan di atas, video kisah Ken Arok dan Ken Dedes merupakan media pembelajaran yang mempermudah dalam proses pemberian infomasi dalam pembelajaran.

Jawaban : D

 

9.         Jika ingin membangkitkan rasa ingin tau maka cara efektif yang akan anda lakukan adalah …

A.         Diajak ke keperpus rutin dan membuat mading poster

B.         Diajak ke laboratorium sains dan mencari literatur tentang sains

C.         Kegiatan membaca rutin setiap pagi sebelum masuk ruangan dan membuat majalah dinding

D.         Memajang hasil karya puisi siswa

E.         Lomba menulis naskah drama

 

Pembahasan

Membangkitkan rasa ingin tau

1.         Melatih berpikir terbuka dalam belajar

2.         Melatih ketelitian

3.         Membangkitkan bertanya

4.         Menghindari pembelajaran membosankan

5.         Belajar meneliti/eksperimen

 

Jawaban : B

10.       Dalam mengawali Pelajarannya, Pak Maman Nendar menyampaikan suatu permasalahan guna menggugah dan menimbulkan kepenasaran-kepenasaran para siswanya. Lengkah tersebut bertujuan untuk mendorong para siswa agar mau mengembangkan kreativitasnya. Langkah yang dilakuka Pak Maman Nendar itu merupakan bagian dari model pembelajaran …

A.         Portofolio

B.         Saintifik

C.         Discovery Learning

D.         Autentik

E.         Contekstual Teaching dan Learning

Pembahasan Discovery Learning :

          Pemeberian rangsangan (stimulation)

          Pernyataan/identifikasi masalah (problem statement)

          Pengolahan data (data processing)

          Pembuktian (verification)

          Menarik simpulam/generalisasi (generalization)

 

Jawaban : C

 

11.       Media yang cocok untuk menggambarkan tentang banjir adalah …

A.         Video

B.         Gambar banjir

C.         Potongan artikel berita media cetak

D.         Peta persebaran potensi banjir

E.         Berita perkiraan cuaca televisi

 

Pembahasan

Tujuan pembelajaran tentang banjir :

1.         Penyebab banjir

2.         Gambaran bahaya banjir

3.         Kerugian akibat banjir

4.         Cara menanggulangi banjir

Potongan artikel berita media cetak mencakup keempat tujuan pembelajaran banjir tersebut. Jawaban : C

 

12.       Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus didasarkan dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai. Hal ini sesuai dengan prinsip …

A.         Terbuka

B.         Menyeluruh

C.         Bermakna

D.         Adil

E.         Objektif

 

Pembahasan

Objektif merupakan penilaian berdasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai.

Jawaban: E

 

13.       Bu Linda adalah seorang guru seni, hari ini dia ingin menilai kemampuan siswa dalam membuat lukisan, selain hasil lukisan siswa yang dinilai, Teknik dalam menggambar, cara menggunakan alat dan perlengkapan dan juga sikap siswa dalam mengahargai karya temannya juga menjadi acuan dalam penilaian. Dalam hal ini bu Linda telah menerapkan prinsip …

A.         Sahih

B.         Objektif

C.         Menyeluruh

D.         Sistematis

E.         Beracuan kriteria

 

Pembahasan

Dalam hal ini, bu Linda menggunakan berbagai Teknik penilaian yang sesui. Untuk memantau perkembangan peserta didik, berarti penilaiannya mencakup semua aspek kompetensi yang menyeluruh dan berkesinambungan.

Jawaban : C

 

 

14.       Hari ini diadakan penilaian harian oleh Pak Rendra guru Fisika, jumlah nomor soal ada 10. Siswa dengan absen ganjil mengerjakan nomor ganjil, siswa dengan nomor absen genap mengerjakan soal nomor genap. Yang dilakukan Pak Rendra tidak sesuai dengan prinsip penilaian …

A.         Adil

B.         Objektif

C.         Menyeluruh

D.         Sistematis

E.         Beracuan kriteria

 

Pembahasan

Yang dilakukan Pak Rendra tidak sesuai dengan prinsip penilaian adil, yang berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekomoni, dan gender.

Jawaban: A

 

15.       Dalam setiap pembelajaran, Pak Candra selalu mengadakan penilaian untuk melihat daya serap siswa terhadap materi yang telah diberikan, merupakan prinsip pembelajaran …

A.         Sistematis

B.         Beracu kriteria

C.         Terpadu

D.         Objektif

E.         Akuntabel

 

Pembahasan

Pak Candra menjadikan penilaian sebagai bagian dari pembelajaran, yang merupakan prinsip pembelajaran terpadu, yang berarti penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran

Jawaban : C

 

 

16.       Dari banyaknya definisi/batasan yang dikemukakan oleh para ahli, esensi dari pengertian penilaian portofolio adalah …

A.         Kumpulan hasil karya siswa

B.         Rekaman hasil karya siswa

C.         Rangkaian hasil karya siswa

D.         Kumpulan nilai siswa

E.         Kumpulan siswa

 

Pembahasan

Portofolio adalah kumpulan hasil karya seorang peserta didik, sebagai hasil pelaksanaan tugas kinerja yang ditentukan oleh guru atau oleh peserta didik bersama guru, sebagai bagian dari usaha mencapai tujuan belajar, atau mencapai kompetensi yang ditentukan dalam kurikulum.

Jawaban: A

 

17.       Disediakan dua magnet dan paku, siswa melakukan percobaan tarik menarik magnet. Komponen tujuan pembelajaran yang kurang adalah …

A.         Condition

B.         Behavior dan degree

C.         Condition dan degree

D.         Audience

E.         Degree

 

Pembahasan

Tujuan pembelajaran RPP :

          Audience -> siswa

          Behavior          -> melakukan percobaan tarik menarik magnet

          Condition -> Disediakan dua magnet dan paku

          Degree … ? (dengan tepat, benar, teliti)

 

Jawaban: E

 

 

18.       Media yang tepat untuk mengajarkan kebutuhan ekonomi yang melonjak tinggi adalah …

A.         Potongan artikel

B.         Video di kanal youtube

C.         Tayangan berita di televisi

D.         Daftar harga barang pokok terbaru

E.         Buku paket

 

Pembahasan

Tujuan pembelajaran kebutuhan ekomoi

1.         Penyebab melonjaknya

2.         Gambar situasi

3.         Akibat terjadinya

Yang dapat mengcover ketiga tujuan tersebut adalah tayangan berita di telivisi karena menggunakan audio dan visual.

 

Jawaban : C

 

19.       Pak Liman adalah seorang guru olah raga, pagi ini dia akan mengadakan penilaian praktik berenang. Prinsip penilaian yang dilakukan adalah …

A.         Sahih

B.         Objektif

C.         Menyeluruh

D.         Sistematis

E.         Beracuan kriteria

 

Pembahasan

Tujuan penilaian adalah Teknik berenang, sedangkan jenis penilaiannya adalah praktik. Sehingga prinsip penilaiannya adalah sahih, yang berarti penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur.

Jawaban: A

 

 

 

20.       Pak Bejo adalah guru PKn di sekolah “Mekar Indah”. Dia tinggal di desa Mangun Harjo. Siska adalah tetangga dari Pak Bejo. Setiap pembagian hasil evaluasi siska selalu diberi nilai 85 oleh Pak Bejo. Sementara Rudi siswa yang paling pintar di kelasnya hanya mendapat 80. Dari kasus di atas artinya Pak Bejo tidak melaksanakan prinsip penilaian …

A.         Adil

B.         Objektif

C.         Menyeluruh

D.         Sistematis

E.         Beracuan kriteria

 

Pembahasan

Objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai.

Adil, berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakan agama, suku, budaya, dll.

Karena pada kasus di atas menggunakan subyek (siska) maka pilihan yang tepat adalah objektif. Jawaban : B

 

21.       Pemberian umpan balik jika siswa heterogen adalah …

A.         Representative feedback

B.         Comulatif feedback

C.         Quantitative feedback

D.         Institutionalized feedback

E.         Eksternal feedback

 

Pembahasan Representative feedback

Salah satu karakteristik massa adalah komunikasinya bersifat hiterogen. Oleh karena itu, akan sulit untuk mengatur umpan balik yang didapat dari semua komunikan. Maka, dalam hal ini biasanya umpan balik didapatkan dalam bentuk sempel dari beberapa komunikan yang menjadi perwakilan (representative). Hal ini, dianggap mampu mewakili komunikan secara keseluruhan, meskipun yang memberikan pendapatnya hanya sebagian orang saja.

Jawaban: A

 

 

22.       Pengamatan pertumbuhan pohon singkong merupakan penilaian …

 

A.         Kinerja

B.         Produk

C.         Portofolio

D.         Proyek

E.         Praktik

 

Pembahasan

Pada kasus soal diatas kata kerjanya adalah “pengamatan“. Penilaian proyek:

bertujuan untuk mengembangkan dan memonitor keterampilan siswa dalam merencanakan, menyelidiki dan menganalisis proyek. Mengamati. Mendiagnosis, mencari hubungan, mengeksplorasi, menyelidiki, menginvestigasi, memecah masalah.

 

Jawaban : D

 

23.       Membuat anyaman merupakan penilaian …

A.         Kinerja

B.         Produk

C.         Portofolio

D.         Proyek

E.         Praktik

 

Pembahasan Penilaian produk:

Mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki ke dalam wujud produk dalam waktu tertentu sesuai kriteria yang telah ditetapkan baik dari segi proses maupun hasil akhir.

Jawaban : B

 

 

24.       Siswa diminta mengamati proses fotosintesis termasuk penilaian …

 

A.         Kinerja

B.         Produk

C.         Portofolio

D.         Proyek

E.         Praktik

 

Pembahasan

Pada kasus soal diatas kata kerjanya adalah “pengamatan“. Penilaian proyek:

bertujuan untuk mengembangkan dan memonitor keterampilan siswa dalam merencanakan, menyelidiki dan menganalisis proyek.

Mengamati. Mendiagnosis, mencari hubungan, mengeksplorasi, menyelidiki, menginvestigasi, memecah masalah.

Jawaban : D

 

25.       Siswa membuat laporan hasil pengamatan proses fotosintesis termasuk penilaian …

A.         Kinerja

B.         Produk

C.         Portofolio

D.         Proyek

E.         Praktik

 

Pembahasan Penilaian produk:

Mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki ke dalam wujud produk dalam waktu tertentu sesuai kriteria yang telah ditetapkan baik dari segi proses maupun hasil akhir.

Jawaban : B

 

 

26.       Penilaian harus mampu menelusuri dan melacak kemajuan siswa sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini prinsip penilaian sebagai …

A.         Keeping track

B.         Checking up

C.         Finding out

D.         Summing up

E.         Finding in

 

Pembahasan

Prinsip Keeping track:

Yaitu harus mampu menelusuri dan melacak kemajuan siswa sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah ditetapkan.

Jawaban: A

 

27.       Manakah cara paling efektif dan bermakna dalam mengkomunikasikan hasil peniliaian harian atau capaian sementara kepada siswa dan orang tua …

A.         Menggunakan angka-angka dan peringkat sementara siswa dalam kelas

B.         Menggunakan angka-angka tanpa disertai peringkat

C.         Dalam bentuk kategori A = sangat baik, B = baik, C = kurang, D = kurang sekali

D.         Dalam bentuk angka, KKM yang dicapai pada mata pelajaran dan kelulusannya

E.         Dalam bentuk deskripsi tentang KKM yang sudah dicapai dan belum dicapai

 

Pembahasan

Karena dalam penilaian harian, maka cara yang paling efektif adalah dengan mendeskripsikan tentang KKM mana yang sudah dicapai dan belum dicapai, sehingga memudahkan siswa didik dalam proses pembelajaran.

Jawaban: E

 

 

28.       Hari ini diadakan penilaian oleh Pak Bobi guru Bahasa Jawa. Jumlah nomor soal ada 10. siswa diminta untuk mengerjakan 7 nomor soal dari 10 soal yang diberikan. Siswa bebas memilih 7 nomor soal dari 10 soal yang diberikan Pak Bobi. Yang dilakukan Pak Bobi tidak sesuai dengan prinsip penilaian …

A.         Adil

B.         Objektif

C.         Menyeluruh

D.         Sistematis

E.         Beracuan kriteria

 

Pembahasan

Dalam kasus di atas telah terjadi keadilan dalam pengerjaan siswa, karena tidak adanya subyek maka pilihan yang tepat adalah adil.

Adil, berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakan agama, suku, budaya, dll

Jawaban: A

 

29.       Pagi ini penyerahan raport untuk siswa “SMP Mekar Sari”. Bu Neni adalah Guru Matematika di SMP tersebut. Saat sehabis pembagian raport tiba-tiba bu Bu Neni didatangi oleh orang tua murid sambil marah-marah dan menggerutu karena nilai anaknya jelek, padahal menurutnya anaknya adalah siswa yang pintar. Bu Neni kemudian menjelaskan Teknik prosedur dan hasil pengolahan nilainya dari nilai harian, PTS, dan PAS serta nilai sikap siswa dengan buku catatan penilaian yang lengkap. Dan akhirnya orang tua siswa tersebut dapat mengerti bahwa nilai anaknya memang sesuai dengan fakta. Dengan demikian Bu Neni telak melaksanakan prinsip penilaian …

A.         Adil

B.         Objektif

C.         Menyeluruh

D.         Sistematis

E.         Akuntabel

 

Pembahasan

Pada kasus soal di atas, Bu Neni menjelaskan “Teknik prosedur dan hasil pengolahan”, yang merupakan prinsip penilaian akuntabel, yang berarti penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.

Jawaban: E

 

 

30.       Dalam setiap kali penilaian Pak Joko selalu membuat rubric penilaian yang berisi kriteria penilaian yang menverminkan kompetensi yang akan dinilai. Hal ini sesuai dengan prinsip penilaian …

A.         Sistematis

B.         Beracuan kriteria

C.         Menyeluruh

D.         Sistematis

E.         Akuntabel

 

Pembahasan

Penialaian berisi kriteria penilaian yang mencerminkan kompetensi yang dinilai, merupakan prinsip penilaian beracuan kriteria, yang berarti penilaian berdasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.

Jawaban : B

 

31.       Pada awal semester Pak Budi sebagai guru IPA selalu menjelaskan penilaian yang akan dilaksnakan selama satu semester dan penentuan nilai akhir IPA yang akan dijadikan dasar untuk pemberian nilai raport. Hal ini artinya Pak Budi telah menerapkan prinsip penilaian …

A.         Sistematis

B.         Terbuka

C.         Terpadu

D.         Menyeluruh

E.         Akuntabel

 

Pembahasan

Pak Budi telah menjelaskan semua jenis Teknik prosedur dan pengolahan penilaian sampai penentuan akhir, yang merupakan prinsip penilaian terbuka, yang berarti prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan.

Jawaban : B

 

 

32.       Seorang peserta didik memprotes skor yang diperoleh pada soal nomor 4 dalam ulangan yang telah dilaksanakan. Menurut siswa tersebut seharusnya mendapat skor 5, akan tetapi guru memberikan skor 3. guru tersebut menjelaskan pembobotan nilai pada soal tersebut dengan menjelaskan kriteria pensekoran yang terdiri dari 0,1,2,3,4,5. Peserta didik pun mengerti dan menerima skor tersebut. Prinsip penilaian yang diterapkan guru adalah …

A.         Terbuka

B.         Akuntabel

C.         Objektif

D.         Menyeluruh

E.         Adil

 

Pembahasan

Guru tersebut menjelaskan pembobotan nilai pada soal dengan menjelaskan kriteria pensekoran, yang merupakan prinsip penilaian akuntabel, dimana dapat dipertanggungjawabkan aspek prosedur, kriteria sampai pengambilan keputusan.

Jawaban : B

 

33.       Seorang guru mengajar pada dua kelas di sekolahnya. Di kelas pertama terdapat 8 peserta didik yang gagal mencapai KKM. Sementara di kelas ke 2 ada 12 yang gagal mencapai KKM.

Langkah yang harus dilakukan guru adalah …

A.         Melakukan pengayaan terhadap 8 orang siswa

B.         Melakukan remidial kepada 12 orang siswa

C.         Melakukan remidial kepada peserta didik yang gagal di kedua kelas tersebut

D.         Melakukan pengayaan kepada kedua peserta didik yang gagal di kedua kelas tersebut

E.         Mengulang seluruh materi kepada peserta didik gagal pada kedua kelas tersebut

 

Pembahasan

Pengayaan baiknya ditujukan untuk yang berhasil, dan remidial ditujukan untuk yang gagal. Dan remidial harus dilakukan pada kedua kelas tersebut.

Jawaban : C

 

 

34.       Salah satu indikator yang dapat menunjukkan kualitas butir tes uraian yang baik adalah …

A.         Menuntut jawaban berupa ungkapan pendapat siswa

B.         Menuntut jawaban berupa fakta-fakta yang sebenarnya

C.         Ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar

D.         Ditulis oleh guru yang mengajar dikelas

E.         Ditulis oleh kepala sekolah

 

Pembahasan

Soal bentuk uraian yang baik adalah yang mampu mengukur tingkat berpikir tinggi. ungkapan pendapat adalah tingkat perpikir tinggi.

Jawaban: A

 

35.       Berikut ini merupakan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pengembangan kisi-kisi tes uraian, kecuali …

A.         Penentuan alokasi waktu

B.         Penentuan pokok bahasan

C.         Penentuan indikator/tujuan

D.         Pendistribusian butir soal

E.         Penentuan kisi-kisi soal

 

Pembahasan

Faktor yang tidak perlu dalam pengembangan kisi-kisi tes uraian adalah penentuan idikator/tujuan, karena indikator/tujuan sudah dikembangkan pada saat pembuatan RPP.

Jawaban : C

 

 

 

 

36.       Berdasarkan hasil tes, para siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelas sesuai dengan tingkat IQ nya, dilihat dari fungsinya maka tes tersebut termasuk pada jenis tes …

A.         Seleksi

B.         Penempatan

C.         Pre Tes-post test

D.         Diagnostik

E.         Ujian Akhir

 

Pembahasan Tes penempatan

adalah suatu jenis tes yang bertujuan menepatkan/mengelompokkan siswa sesuai dengan kemampuannya. Hal ini didasari pemikiran bahwa setiap siswa tidak memiliki kecepatan belajar yang sama. Jika mereka disatukan dalam satu kelas maka akan terjadi kesulitan dalam mengajar mereka.

Jawaban : B

 

 

 

37.       Perhatikan butir soal uraian berikut. sebutkan 3 buah sungai di provinsi Jawa Barat yang bermuara di Laut Jawa. Butir soal tersebut …

A.         Cukup bagus karena jumlah sungai yang ditanyakan sudah terukur

B.         Cukup bagus karena ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti

C.         Jelek karena hanya mengukur tingkat berpikir rendah / ranah ingatan

D.         Jelek karena ditulis dalam kalimat yang sangat pendek

E.         Bagus karena untuk mengukur tingkat berpikir rendah

 

Pembahasan

Butir soal uraian terebut termasuk dalam LOTS (low order thingkik skill) C1.

(Mengingat) = sebutkan, tuliskan, gambarlah, dengan indikator mencerminkan mengukur tingkat berpikir rendah.

Jawaban : C

 

 

38.       Untuk mencegah terjadinya jawaban siswa yang sangat beragam, jenis tes uraian yang paling tepat digunakan adalah …

A.         Tes uaraian bebas

B.         Tes uaraian terbatas

C.         Yang sederhana

D.         Yang sangat kompleks

E.         Tes uraian singkat

 

Pembahasan

Urain terbatas atau terstruktur

 

Soal yang disusun tidak mengembang tetapi lebih terarah dan terbatas, sehingga ada Batasan jawaban. Walaupun kelimat jawaban peserta didik itu beraneka ragam, tetapi harus ada pokok- pokok penting yang terdapat dalam sitemtika jawabannya sesui dengan batas-batas yang telah ditentukan dan dikehendaki dalam soalnya. Maka yang paling penting dan harus diperhatikan yaitu sistematika jawabannya.

Jawaban : B

 

 

 

39.       Dengan melihat hasil pre-test, seorang guru dapat mengetahui bahwa 3 dari 8 soal yang diberikan mampu dijawab hampir seluruh siswa dengan benar. Jika anda sebagai guru, manfaat apa yang dapat dipetik dari informasi tadi …

A.         Mengajarkan seluruh materi sesui dengan kurikulum agar penugasan siswa lebih baik

B.         3 dari 8 soal tersebut tidak akan ditanyakan lagi pada saat melakukan post-test

C.         Materi yang telah dikuasai siswa tidak perlu diajarkan lagi pada proses kegiatan belajar mengajar

D.         Melaksanakan pelajaran remidial untuk materi yang belum dikuasai siswa berdasarkan hasil pre-test

E.         Perlu memperbanyak soal latihan Pembahasan

Pre-test adalah kemampuan awal, maka materi yang telah dikuasai tidak perlu diajarkan lagi pada proses kegian belajar mengajar, karena waktu untuk mengerjakan materi yang 3 soal tadi dapat digunakan untuk memperdalam materi Iain.

Jawaban : C

 

 

40.       Dalam rangka menilai tingkat keberhasilan pembelajaran maka perlu dilakukan penilaian dalam bentuk tes. Didalam penilaian dikenal dengan istilah tes formatif dan tes sumatif. Perbedaannya adalah …

A.         Cakupan materi dan bentuk soal

B.         Bentuk soal dan waktu pelaksanaan

C.         Cakupan materi dan waktu pelaksanaan

D.         Bentuk soal dan kondisi peserta didik

E.         Soal esai dan soal pilihan ganda

 

Pembahasan

Tes fomatif -> penilaian ulangan harian Tes sumatif-> penilaian akhir semester

sehingga yang membedakan adalah cakupan materi dan waktu pelaksanaannya. Jawaban C

File Asli Bentuk PDF [Unduh]

Demikianlah Soal Teknis PPPK Guru 2021 Beserta Pembahasannya yang semoga dapat mmebantu ekan-rekan guru dalam mengahadapi seleksi p3k 2021.

Tags.

soal pppk teknis guru

soal pppk teknis guru sd

soal teknis p3k guru

soal teknis p3k guru sd

soal pppk untuk guru

soal soal pppk guru

soal pppk teknis

soal kompetensi teknis guru sd

soal pppk untuk guru sd

soal kompetensi teknis guru

soal latihan pppk guru

contoh soal pppk guru kelas sd

contoh soal pppk untuk guru sd

Tinggalkan komentar