Soal UN/UNBK Sosiologi dan Kunci Jawaban Lengkap dengan Pembahasan

Soal UN/UNBK Sosiologi dan Kunci Jawaban Lengkap dengan Pembahasan tahun 2019/2020, admin persembahkan untuk siswa SMA yang akan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer. Semua soal-soal yang ada merupakan contoh soal dengan pembahasan sesuai dengan SKL Sosiologi yang diambil dari tahun-tahun sebelumnya. Jadi sangat cocok dijadikan referensi belajar dalam rangka menghadapi Ujian Nasional yang sebenarnya. Sebelumnya, blog kumpulan soal ini telah mempublish/posting tulisan prediksi soal UN Sosiologi, tetapi ada perbedaan mendasar dengan tulisan ini. Letak perbedaannya adalah, soal-soal sebelumnya diambil dari semua materi sosiologi kelas 12 semester genap.

Baca juga: Contoh Soal USBN Sosiologi SMA dan Kunci Jawabannya

Baiklah….lanjut ke soal UNBK Sosiologi beserta jawaban dengan materi mengenai konsep dan objek kajian sosiologi, seperti: Objek Kajian, Manfaat, Metode, dan Ciri-ciri Ilmu Sosiologi, Terjadinya Interaksi Dan Faktor-Faktor yang memengaruhi Interaksi Sosial, Jenis-Jenis Interaksi Sosial dan Gejala Sosial, seperti berikut di bawah ini:

1. Perhatikan pernyataan berikut.
(1) Mempelajari interaksi yang terjadi dalam hubungan sosial
(2) Ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam dalam masyarakat
(3) Disusun berdasarkan fakta sosial yang diteliti dan disusun secara logis
(4) Peneliti berpihak pada seorang tokoh yang diteliti
(5) Berusaha menganalisis  sebuah realitas sosial.
Ciri-ciri sosiologi ditunjukan pada nomor ….
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (5)
d. (2), (4), dan (5)
e. (3), (4), dan (5)
Jawaban: C
Pembahasan:
Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari gejala-gejala sosial yang disusun berdasarkan fakta-fakta sosial secara logis, empiris, atau sesuai dengan kenyataan tanpa berpihak pada satu tokoh.

2. Seorang sosiolog memberikan data tingkat kepuasan siswa terhadap penyelenggaraan Ujian Nasional 2014/2015. Data ini kemudian digunakan senagai bahan perbaikan pelaksanaan ujian nasional di tahun berikutnya. Dalam contoh tersebut sosiologi bermanfaat sebagai ….
a. pengukur setiap kebijakan pemerintah
b. sumber data perbaikan program pemerintah
c. perencanaan setiap kebijakan pemerintah
d. tolak ukur keberhasilan kebijakan pemerintah
e. pemecah masalah sosial dalam masyarakat
Jawaban: B
Pembahasan:
Sosiologi memiliki manfaat penelitian dan manfaat pembangunan. Penelitian sosiologi  bermanfaat sebagai penyedia data untuk memecahkan masalah sosial dan memperbaiki kebijakan pemerintah sehingga sesuai dengan kondisi masyarakat.

3. Seorang sosiolog dalam melakukan penelitian selalu mendasarkan pada kenyataan yang ada di lapangan dan akal sehat. Sesuai dengan pernyataan tersebut sosiologi bersifat …..
a. empiris
b. teoritis
c. kumulatif
d. non-etis
e. etis
Jawaban: A
Pembahasan:
Sosiologi bersifat empiris, artinya dalam penelitian sosiologi harus sesuai dengan fakta-fakta yang ada dan akal sehat sehingga menghasilkan kesimpulan yang objektif.

Baca Juga :  Contoh Soal Pilihan Ganda dan Jawaban Ekonomi Kelas XI Semester 1 (Part-6)

4. Seorang walikota ingin melakukan perbaikan pada sistem tata kota diwilayahnya. Hal tersebut dilakukan agar tata kota terlihat lebih indah dan nyaman. Untuk itu, sosiolog membantunya memberikan data yang akurat tentang kebutuhan masyarakat pada keindahan kota. Manfaat sosiologi dalam kasus tersebut adalah untuk ….
a. penelitian
b. pencegahan
c. pengawasan
d. penyelesaian
e. pembangunan
Jawaban: A
Pembahasan:
Sosiologi dapat bermanfaat dalam memberikan sumbangsih data penelitian kepada pemerintah sehingga data tersebut dapat digunakan sebagai acuan pemerintah untuk menentukan kebijakan-kebijakan yang sesuai dengan kondisi dalam masyarakat.

5. Sebelum memberikan izin pendirian pusat perbelanjaan, walikota minta sosiolog untuk memberikan masukan tentang dampak sosial pembangunan pusat perbelanjaan terhadap masyarakat. Dengan demikian, fungsi kajian sosiologi dalam kasus tersebut adalah ….

a. Sumber data perencanaan pembangunan kota
b. Pelaksana Pembangunan tata kota
c. memberi masukan kepada pemerintah
d. mengurangi dampak pembangunan di kota
e. mencegah pembangunan yang tidak ramah lingkungan
Jawaban: A
Pembahasan:
Salah satu manfaat sosiologi adalah sebagai sumber data perencanaan pembangunan melalui kajian sosiologis sehingga diperoleh rencana pembangunan yang tepat sesuai dengan kondisi sosial masyarakat.


6. Santi sangat mengidolakan artis wanita dari Korea. Santi mulai memutihkan wajahnya, meniru gaya dan perilakunya agar terlihat sama seperti artis idolanya tersebut. perilaku tersebut merupakan contoh interaksi sosial yang didasari oleh faktor …..
a. imitasi
b. empati
c. sugesti
d. simpati
e. identifikasi
Jawaban: E
Pembahasan:
Perilaku seorang pengagum terhadap artis merupakan identifikasi karena penggemar berusaha menjadi sama persis dengan artis iolanya.

7. Sandra sudah setahun berada di amerika, tetapi ia tetap berkomunikasi dengan sahabatnya melalui e-mail. Setiap sahabatnya mengirim e-mail Sandra selalu membalasnya. Ciri interaksi dalam pernyataan tersebut adalah ….
a. Sandra mengirim e-mail kepada sahabatnya
b. hubungan persahabatan Sandra
c. Sandra sahabat yang baik
d. e-mail Sandra belum dibalas oleh temannya
e. terjadinya komunikasi antara Sandra dan sahabatnya
Jawaban: E
Pembahasan:
Interaksi sosial dapat terjadi apabila terjadi kontak dan komunikasi. Dalam pernyataan di atas, makna pesan yang disampaikan Sandra melalui e-email diterima oleh sahabatnya.

Baca Juga :  90 Contoh Soal USP/USBN PAI SMA/SMK Kurikulum 2013 Beserta JawabannyaPart2

8. Robi tergolong sisw yang tidak mampu, ia sempat tidak percaya diri saat bergaul dengan teman sekolahnya yang berasal dari keluarga mampu dan kaya. Robi kemudian berkonsultasi dengan guru BK. Atas saran dan bimbingan dari guru BK, robi tergolong untuk menjadi lebih percaya diri dan memahami bahw yang menentukan kesuksesan bukan dari kaya atau miskinnya seseorang tetapi dari prestasinya. Deskripsi di atas adalah contoh interaksi sosial yang didasari oleh faktor ….
a. imitasi
b. sugesti
c. motivasi
d. identifikasi
e. empati
Jawaban: C
Pembahasan:
Motivasi merupakan dorongan yang dapat memicu individu untuk melakukan sesuatu. Motivasi dapat muncul dari dalam diri sendiri maupun berasal dari orang lain.

9. Pak gatot marah kepada tetangganya yang sedang membangun rumah karena melanggar batas tanah yang sudah disepakati sebelumnya. Dalam situasi tersebut pak lurah mencoba membantu menyelesaikan permasalahan tersebut di kantor balai desa. Hasilnya, sengketa antara kedua pihak tersebut tidak menimbulkan konflik berkepanjangan. Benuk akomodasi dalam contoh tersebut adalah….
a. mediasi
b. asimilasi
c. ajudikasi
d. akulturasi
e. kerja sama
Jawaban: A
Pembahasan: 
Dalam kasus tersebut, diselesaikan melalui pihak ketiga yang netral dan berfungsi sebagai penengah. Jadi, akomodasi seperti ini dinamakan mediasi.
10. Pergantian rektor di salah satu universitas membuat berbagai pihak harus menyesuaikan pola kepemimpinan rektor yang dikenal sangat disiplin, rajin, dan tegas. Dalam kepemimpinannya diberlakukan absensi online sehingga mahasiswa yang sering tidak masuk wajib masuk. Interaksi rektor dengan mahasiswa tersebut merupakan proses asosiatif yang berbentuk ….
a. koersi
b. koalisi
c. kooptasi
d. kontroversi
e. kontravensi
Jawaban: C
Pembahasan:
Dalam contoh soal tersebut terjadi bentuk dominasi dari penguasa, yaitu dosen dan mahasiswa yang harus mematuhi aturan yang dibuat rektor yang lebih berkuasa. Proses tersebut termasuk kooptasi.
11. Menjelang pemilihan presiden, partai-partai politik melakukan kerja sama dan membentuk satu kekuatan untuk mengusung kemenangan calon presiden yng didukungnya. Bentuk kerja sama yang terjadi dalam fenomena tersebut adalah …..
a. joint venture
b. kooptasi
c. merger
d. bargaining
e. koalisi
Jawaban: E
Pembahasan:
Koalisi merupakan salah satu bentuk kerja sama berup penggabungan atau kerja sama partai-partai politik demi mencapai tujuan bersama. Kerja sama merupakan proses interaksi sosial asosiatif.

12. Gejala sosial yang terjadi secara tidak normal (abnormal) dapat menimbulkan terjadinya ….
a. masalah sosial
b. interaksi sosial
c. fenomena sosial
d. keteraturan sosial
e. masalah individu
Jawaban: A
Pembahasan: 
Gejala sosial yang terjadi secara abnormal dapat memicu munculnya masalah sosial dalam masyarakat karena masyarakat tidak menginginkan gejala tersebut.
13. Perhatikan gejala sosial berikut.
(1) munculnya pelapisan sosial masyarakat
(2) adanya normal sosial baru pada masyarakat kota.
(3) perkelahian antar pelajar SMA di kota besar.
(4) penyalahgunaan obat terlarang
(5) masyarakat terjangkit virus flu burung
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (2), (3), dan (4)
d. (2), (3), dan (5)
e. (3), (4), dan (5)
Jawaban: E
Pembahasan: 
Gejala sosial pada nomor (3), (4), dan (5) merupakan gejala sosial yang terjadi secara tidak wajar dan tidak diinginkan oleh masyarakat sehingga berpotensi menimbulkan masalah sosial.
14. untuk menghindari adanya pelecehan dalam angkatan umum, muncul aturan baru dengan memisahkan pintu masuk dan tempat duduk pria dan wanita dalam angkutan umum. Berikut ini pernyataan yang sesuai berdasarkan gejala sosial tersebut adalah …..
a. pemisah tempat duduk merupakan gejala sosial yang wajar sesuai keinginan masyarakat
b. pemisahan tepat duduk merupakan gejala sosial yang bersumber pada masalah ekonomi
c. pemisahan tempat duduk merupakan gejala sosial yang bersumber pada masalah biologis
d. pemisahan tempat duduk sebagai gejala sosial yang berpotensi menimbulkan masalah sosial
e. pemisahan tempat duduk merupakan gejala sosial yang terjadi secara tidak wajar
Jawaban: A
Pembahasan: 
Pemisahan tempat duduk termasuk dalam norma baru yang muncul dalam masyarakat yang terjadi secara wajar karena masyarakat menginginkan nya untuk menghindari pelecehan.

Baca Juga :  Contoh Soal Essay Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Part-6

Lanjut ke soal nomor 15-26 => Soal UN/UNBK Sosiologi dan Kunci Jawaban Lengkap dengan Pembahasan Part-2

Tinggalkan komentar