Tips Lulus CPNS Guru Daerah 2020

Computer Assisted Tes (CAT) merupakan Tes ujian yang berbasis Komputer yang sudah dirancang oleh disusun berdasarkan Praturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) No.14 tahun 2019 Tentang petunjuk dan pengadaan CPNS dan berdasarkan peraturan Permenpan No.37 2019.

Dalam pelaksanaan CAT anda akan menghadapi seleksi kemampuan dasar (SKB) yang di dalamnya ada Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Menurut Kepala badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Hari Mengatakan ” Rahasia khusus agar bisa lulus tes CPNS adalah melakukan simulasi Computer Assisted Tes (CAT) di Portal BKN.

Simulasi ini dilakukan karena CPNS harus lulus SKD dengan sistem CAT.
Bima Hari melanjutkan, ” bahwa Tes Wawasan Kebangsaan, Peserta CPNS diharapkan mempelajari terlebih dahulu sejarah bangsa Indonesia, rasa kebangsaan Indonesia dan Pancasila.

Tes TWK merupakan hal yang penting untuk dikuasai karena disinilah dilihat peserta akan loyalitas terhadap NKRI.

Supaya anda lulus CPNS Tahun ini, Silahkan belajar secara mandiri 3-4 Bulan sebelum pelaksanaan CPNS dan ebooknya bisa anda download disini secara gratis.

2. Melakukan Strategi Pamungkas

Dalam menjawab soal CPNS penting strategi pamungkas sebab para peserta harus berpacu dengan waktu dan ketepatan menjawabnya.
Coba bayangkan .. dalam 90 menit, anda harus mampu menjawab sebanyak 100 soal.

Strategi pertama yang harus anda lakukan adalah menjawab soal yang paling mudah dan jangan terpaku pada soal sulit karena akan menghabiskan waktu.

Strategi pamungkas kedua adalah silahkan selesaikan atau kerjakan soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP). kenapa harus TKP? karena tes ini umumnya lebih mudah dari TIU, karna biasanya mengunakan nalar dan karakter pelayanan kepentingan umum.

dan perlu di ingat bahwa, dalam soal TKP semua jawaban mempunyai score 1 sampai 5 dan soalnya mulai dari nomor urut 66-100, jadi jangan dikosongkan yah..

Setelah anda mengerjakan TKP langsung ke tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
Tes ini mempunyai 35 butir soal dengan passing grade 75 poin.
Semua jawaban anda yang benar mendapat 5 scure dan yang salah 0,tapi tetap tidak mengurangi nilai anda.

Pastikan anda bisa menjawab 17 soal benar untuk mengumpulkan 80 poin.
Setelah mengerjakan TWK lanjut ke soal Tes Integensi Umum ( TIU )
dalam tes TIU mempunyai jumlah soal 30 butir dengan passing grade 80 poin.
Sama dengan soal TWK jawaban salah mendapat score 0 dan benar mendapat 5. kerjakanlah soal Sinonim dan Antonim terlebih dahulu dan lanjutkan ke soal cerita dan Padanan Kata.

3. Ciptakan Waktu Belajar

Mereka yang mendaftar CPNS ada yang freshgraduate, ada yang sudah bekerja berangkat pagi pulang malam, ada pula yang sudah lulus 3 tahun dan masih menganggur. Khusus bagi bagi anad yang sudah bekerja dan berniat ikut mendaftar CPNS , kadang waktu belajar menjadi masalah tersendiri. Saran saya  jika memang anda punya niat yang kuat untuk sukses Download Disini

Demikianlah artikel Tips Lulus CPNS Guru Daerah 2020 yang bisa kami bagikan terkait banyak pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya.. semoga bermanfaat dan anda menjadi ASN tahun 2020 ini.. aminnnn
Relate Post:

Tinggalkan komentar